Rawan Gesekan, Lahan Parkir untuk Penampungan Sementara Pedagang PB | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Rawan Gesekan, Lahan Parkir untuk Penampungan Sementara Pedagang PB

  • 30-05-2016 penulis : Fino
  • Editor :junaedi
  • dibaca :12261
Rawan Gesekan, Lahan Parkir untuk Penampungan Sementara Pedagang PB Wali Kota Malang, Moch Anton meninjau Pasar Besar usai terbakar.(ipunk)

MALANG–Relokasi sementara pedagang Pasar Besar  (PB) Malang pascakebakaran rawan gesekan dengan pengelola parkir. Itu terjadi lantaran loksinya berada di badan jalan  yang biasa digunakan lahan perparkiran.

“Saya yakin koordinasi akan dilakukan forum pedagang dengan teman parkir. Jangan mempertahankan ego masing-masing. Mari bersama atasi masalah. Pasti ini mengurangi lahan parkir, tapi siapa yang mau kena musibah seperti ini,” Wali Kota Malang Mochammad Anton, Minggu sore (29/5/2016)

Sempat dua hari pedagang pasar ini tidak buka, mulai hari Minggu sebagian pemilik kios akhirnya mulai berdagang. Begitu juga, lahan parkir di sebelah kanan dan kiri Pasar Besar telah beroperasi seperti biasa. Namun, lahan parkir ini akan terpakai untuk relokasi pedagang terdampak kebakaran.

Areal di sekitar Pasar Besar akan diubah jadi lapak-lapak sementara buat pedagang  pascakebakaran.

“Kami meyakini Dishub Kota Malang akan mengerti. Ini kan musibah. Kami juga tidak menduga akan terjadi kebakaran seperti ini,” tambah Anton.

Dampak terhadap parkir itu memang bisa cukup lama. Seiring dengan perbaikan pasar.  Karenya, Anton menyebutkan segera membahasnya dengan DPRD Kota Malang membahas soal dana insidentil yang bisa dipakai untuk revitalisasi Pasar Besar.

Menurut Anton, dana perbaikan pasar itu akan diambil dari dana cadangan. Namun juga sekarang ini masih dihitung seberapa besar untuk membangun pasar. ini kata wali kota penting karena jika memang besar sehingga perlu alokasi dana khusus dan dianggarkan lewat perubahan anggaran keuangan (PAK).

Minggu ini, Anton juga menginstruksikan agar ada pembersihan secara massal di lantai dasar dan lantai satu. Pemerintah Kota Malang mempersiapkan penerangan sementara. Sehingga, ruang dalam Pasar Besar Malang tidak gelap gulita.


BERITA TERKAIT