Atasi Mecet, Dishub Kota Malang Tenderkan Proyek ATCS | Berita Terbaru Hari ini

Close

Atasi Mecet, Dishub Kota Malang Tenderkan Proyek ATCS

  • 2016-09-21 penulis : Fino
  • Editor :junaedi
  • dibaca :5998
Atasi Mecet, Dishub Kota Malang Tenderkan Proyek ATCS Kepadatan Lalu Lintas di Daerah Arjosari Kota Malang

MALANG – Dinas Perhubungan Kota Malang tengah melelangkan proyek pembaruan Area Traffic Control System (ATCS) di Kawasan Tertib Lalulintas (KTL). Dalam LPSE Kota Malang yang dirilis Unit Layanan Pengadaan Pemkot Malang, Dishub mendapat anggaran Rp 1,08 miliar untuk optimalisasi ATCS.

Kadishub Kota Malang, Kusnadi membenarkan, lelang pengadaan barang berkait traffic angeeniring itu. “Kami membutuhkan rehabilitasi ATCS, biar lebih maksimal,” katanya, Rabu (21/9).

Menurut mantan Camat Lowokwaru ini, ada 15 titik ATCS yang ada di Kota Malang. ATCS, merupakan sistem pengawasan lalu lintas yang menggunakan live feed atau siaran langsung via kamera di lampu lalu lintas. Pengawasan ini dilakukan setiap hari oleh Dishub, untuk memantau kepadatan arus lalu lintas. Sehingga, rekayasa lampu lalin bisa dilakukan.

Ketika jalanan di KTL macet, lanjutnya, Dishub bisa mempercepat perubahan lampu lalu lintas agar jalanan lancar. Ke
15 titik tersebut antara lain Simpang Raden Intan, Simpang Kejaksaan, Simpang Araya, Simpang Plaosan Timur, Simpang LA Sucipto, Simpang Ciluwung, Simpang Sulfat, Simpang PLN, Simpang Rajabali, Simpang Sarinah, Simpang Kasin, Simpang Kelud, Simpang Dieng, Simpang Tidar, dan Simpang ITN.

“Kami ingin memaksimalkan fungsi pengendalian lalu lintas berbasis teknologi. Biar jalannya makin optimal dan kita bisa koordinasi pengaturan traffic light di setiap persimpangan dengan ATCS,” ujar mantan Kadisnakertrans Kota Malang itu.

Dari data LPSE Kota Malang, proyek ini ditargetkan bisa selesai lelang pada 5 Oktober 2016. Sehingga proyek ini segera dijalankan. Karena fungsinya akan sangat banyak.

“Camera Itu nanti juga bisa jadi pengawasan untuk antisipasi kejahatan, karena merekam setiap kegiatan di pusat-pusat keramaian jalan,” tutupnya.(fin/aim)


BERITA TERKAIT