Seperti Ini Bila Pejabat Mendongeng | Klikapa.com - Portal Berita Terkini

Seperti Ini Bila Pejabat Mendongeng

Seperti Ini Bila Pejabat Mendongeng Kepala KP3A Kabupaten MAlanf, Dra Pantjaningsih Sri Rejeki saat tampil dalam lomba mendongeng.

MALANG – Sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang, seharian Kamis (15/12/2016) melakukan kegiatan di luar rutinitasnya. Mereka tidak bergelut dengan pekerjaan, tetapi antusias mengikuti lomba mendongeng.

Tentu saja kegiatan yang berbalut dalam rangka Hari Jadi ke 1256 Kabupaten Malang itu menjadi menarik. Terlebih lomba yang dilakukan di Pendopo itu, beberapa di antaranya cara mendongeng juga menarik dan unik. Ada yang menggunakan sejumlah pendukung seperti musik, gamelan sampai tarian.


Seperti yang dilakukan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Budi Iswoyo. Saat mendongoeng dia memakai pakaian tradisional zaman kerajaan dan diiringi oleh tari-tarian.

Tak mau kalah, Direktur Utama (Dirut) PDAM Kabupaten Malang, Syamsul Hadi. Ia pun mendongeng dengan menggunakan pakian khas Malangan diiringi gending-gending Jawa.

Kepala Kantor Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak (KP3A) Kabupaten Malang, Dra Pantjaningsih Sri Rejeki pun tak kalah kreatif. Ia mendongeng menggunakan media gambar. Begitupula pula Kepala SKPD maupun Camat lainnya, pun berlomba-lomba dengan menampilkan yang terbaik.

Menurut Budi Iswoyo Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, lomba itu diadakan untuk menumbuhkembangkan rasa cinta terhadap cerita rakyat. “Para peserta diberikan waktu 10 menit untuk mendongeng cerita rakyat, sesuai kreasinya masing-masing ,” ujarnya.

Lomba itu bertujuan menanamkan bimbingan karakter yang bersifat dari kearifan lokal masyarakat. Lantaran banyak keraifan lokal masyarakat Indonesia khususnya di Kabupaten Malang juga berkembang sangat baik. Buktinya, banyak berkembang berbagai cerita rakyat di kalangan masyarakat.

“Ada yang menyampaikan cerita rakyat Sakera, cerita tentang situs Watu Gong di Pujon dan berbagai macam cerita rakyat lainnya,” kata mantan Kepala ESDM Kabupaten Malang.

Dia berharap melalui lomba ini, dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap dongen dan melestarikan cerita rakyat. (big)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

Baca Juga