Ini Lo, Sosok Penjahat Spisialis Pembobol ATM | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Ini Lo, Sosok Penjahat Spisialis Pembobol ATM

  • 23-03-2017 penulis : Agung Priyo
  • Editor :husnun
  • dibaca :10204
Ini Lo, Sosok Penjahat Spisialis Pembobol ATM Kedua pembobol ATM BRI di Malang, yang berhasil ditangkap. Yakni Eko Wibowo dan Sugianto.

MALANG – Pembobol mesin anjungan tunai mandiri (ATM) BRI di Kecamatan Turen dan Singosari Kabupaten Malang di bongkar jajaran Polres Malang, Magetan dan Mojokero. Peristiwa yang terjadi pada akhir Februari 2017 lalu itu diketahui tiga orang. Mereka ini memang kawanan dikenal spesialis pembobol ATM antar kota.

Dari tiga pelaku tersebut, dua sudah berhasil diamankan. Satu pelaku lagi masih buron. Dua pelaku yang ditangkap adalah Sugianto, 33, warga Ngelano Wetan, Ngijo, Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Ia ditangkap dan kini ditahan di Mapolres Magetan.

Satu lagi adalah Eko Wibowo, 38, warga Dukuh Cerbonan, Karanganyar, Jawa Tengah. Eko ditangkap dan ditahan di Mapolres Mojokerto.

Sementara satu pelaku lagi, yang diketahui merupakan pecatan anggota Brimob dan terlibat kasus curanmor, yakni berinsial AG, 40, warga Karanganyar, Jawa Tengah masih buron.

“Ketika beraksi di Malang, mereka ini berhasil menggasak uang dalam ATM BRI sebesar Rp 567 juta. Aksinya tersebut dilakukan selama tiga hari saja,” terang Kanit Idik I Reskrim Polres Malang, Iptu Ronny Marghas.

Ronny mengatakan, dari dua tersangka yang sudah ditangkap tersebut, pihaknya sudah melakukan pemeriksaan dengan jemput bola ke Polres Mojokerto dan Polres Magetan. Saat ini, tinggal memburu AG, yang masih kabur dan berkeliaran.

Menurut Ronny, dari hasil pemeriksaan mereka berhasil membobol ATM karena mendapat ilmu dari internet. Modus operansinya adalah dengan merusak sistem pada mesin ATM. Kemudian salah satu pelaku lainnya mengganjal bagian mesin, yang kemudian berhasil menggasak uang ratusan juta.

“Mereka ini berhasil ditangkap berdasarkan laporan pihak BRI. Selain itu, aksi para pelaku saat beraksi juga sempat terekam CCTV dalam ATM,” tutur mantan Kanitreskrim Polsek Pakis ini.(agp)

 


BERITA TERKAIT