Memilukan, Pesta Pernikahan Berubah Jadi Bencana

  • 2017-05-11
  • Editor :junaedi
  • dibaca :3080
Memilukan, Pesta Pernikahan Berubah Jadi Bencana ilustrasi

BHARATPUR-Sungguh memilukan, peristiwa bahagia ini mendada menjadi bencana. Setidaknya 24 orang tewas termasuk empat anak-anak dan puluhan lainnya luka-luka akibat sebuah tembok rubuh di pesta pernikahan di India, Kamis (11/5/2017).

Otoritas kepolisan setempat pun segera terjun dan menyelidiki runtuhnya tembok setinggi empat meter itu peristiwa itu. Pada saat kejadian, tengah hujan deras dan banyak orang yang sedang berteduh di dekat tembok .

“Selain 24 orang yang tewas, terdapat 26 korban terluka dan 15 diantaranya dalam kondisi kritis,” terang Inspektur Polisi Anil Tank seperti dikutip AFP, Jumat dini hari (12/5/2017).

Menurut salah seorang tim SAR setempat, peristiwa yang diterjadi  di Bharatpur, Rajasthan, India ini, sangat mengerikan.


“Kami bekerja sepanjang malam untuk mengevakuasi korban. Kami mencoba menyelamatkan korban sebanyak mungkin. Suasananya sangat mengerikan,” ujar salah satu anggota Tim SAR kepada India TV.

Polisi terus melakukan penyelidikan dan menahan manajer gedung pernikahan dan tuduhan kematian akibat kelalaian.

“Kami sudah mendaftarkan kasus ini dan menahan salah satu manajer di gedung pernikahan itu untuk diinterogasi lebih lanjut,” ujar jaksa wilayah Narendra Kumar Gupta.

“Kami akan menginvestigasi apakah gedung tersebut memiliki perizinan yang valid dan pemeriksaan keamanan rutin. Jika tidak, kami akan mengajukan tuntutan pada pemilik gedung,” tambahnya.

Sementara, di lokasi pernikahan, mulai dari makanan panggung berdekorasi tradisional khas pernikahan India menajadi berantakan. Kemeriahan upacara pernikahan menjadi peristiwa memilukan.

Ambruknya dinding tembok itu diduga karena konstruksi bangunan yang rapuh. Rajashtan merupakan salah satu provinsi di India yang kerap dihantam hujan badai di musim panas. Ganasnya cuaca itu, tak jarang membuat bangunan runtuh. Terlebih dengan rendahnya kualitas bangunan.

Catatan National Crimes Record Bureau menyebut, sepanjang 2015, lebih dari 1.800 orang tewas di India akibat tertimpa bangunan yang ambruk.

Di sisi lain, insiden di pesta pernikahan di India pun bukannya jarang terjadi. Pada 2014, seorang tamu terbunuh saat

Berita Terkait

Baca Juga