Pelaku Pemerasan Ditangkap seperti ini Modusnya | Klikapa.com - Portal Berita Terkini

Pelaku Pemerasan Ditangkap seperti ini Modusnya

Pelaku Pemerasan Ditangkap seperti ini Modusnya ilustrasi

MALANG-Unit Reskrim Polres Malang Kota menangkap pelaku pemerasan. Ia adalah laki-laki berinisial SA, 37 , warga Bumiayu, Kedungkandang, Malang . Ia pun segera ditahan kerana telah memeras Adi, 38 , warga Jalan Oro-oro Dowo, Malang.

SA yang dijemput petugas di rumahnya, Senin (5/6/2017) tidak melawan. Ia pun hanya pasrah ketika petugas menggelandangnya ke Mapolres Malang Kota.

Menurut Kasat Reskrim Polres Malang Kota, AKP Heru Dwi Purnomo tersangkan masih terus diperiksanya karena bukan tidak mungkin terkait dengan kejahatan lainnya.

Mudus tersangka awalnya menuduh korbannya sebagai informan polisi. Yang karena itu membuat temannya, Niko dijebloskan

ke penjara karena kasus narkoba. SA mengancam Adi dengan menggunakan clurit dan dipertemukan dengan keluarga Niko. Kejadian ini April 2017 lalu.

SA pun mengajak korbannya datang ke rumah keluarga Niko, di Jalan Mergosono, Kota Malang. Sesampainya di sana, korban dimintai uang sebesar Rp 100 juta. Alasannya uang itu untuk kebutuhan hidup keluarga Niko. Lantaran korban tidak mampu membayar, disanggupi membayarnya secara berkala.

Tersangka pun meminta jaminan sertifikat rumah korban. Korban pun diminta membuat surat kesepakatan terkait pernyataan pembayaran dan jaminan sertifikat itu.

Merasa tak bersalah, korban melaporkan kejadian tersebut ke Polres Malang Kota.

“SA merupakan tersangka yang membantu, menakut-nakuti dan menjemput korban. Pelaku utamanya masih TO. Mereka sengaja menuduh Adi lantaran ia memiliki kedekatan dengan Niko,” kata Heru.

Akibat perbuatannya, SA dikenai pasal 368 jo 55,56 subsider 480 dengan ancaman hukuman sembilan tahun penjara.(mg16/jon)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

Baca Juga