Ada Baiknya Mulai Berhati-hati Konsumsi Ikan Nila. Ini Bahayanya

  • 2017-07-04
  • Editor :junaedi
  • dibaca :31855
Ada Baiknya Mulai Berhati-hati Konsumsi Ikan Nila. Ini Bahayanya ikan nila ternya juga banyak risiko yang diakibatkan jika dikonsumsi.(dok.afp)

udara, air, dan tanah terkontaminasi.


Penelitian tersebut juga menuturkan, menjadi hal yang lumrah di China untuk membuang ampas dan limbah ternak unggas ke ladang atau menggunakannya sebagai pakan ikan.


Kantor berita Bloomberg pernah melaporkan bahwa penggunaan kotoran hewan sebagai pakan ikan budidaya merajalela di China. Hal ini menjadi perhatian khusus AS mengimpor 70 persen ikan nila dari Negeri Tirai Bambu itu.


Pada 2006, nila yang diimpor dari China telah disertakan Seafood Watch dalam daftar ikan yang patut dihindari.


Karena nila dibudidayakan dalam kolam ikan yang sering penuh sesak, ikan tersebut rentan terhadap penyakit. Sang peternak lantas kerap memberi ikan-ikannya antibiotik untuk mencegah penyakit.


Tak jarang, para peternak juga sering memberikan pestisida untuk mengobati kutu dan masalah kesehatan umum lainnya pada ikan-ikannya.


Bahan kimia tersebut memang efektif membuat ikan-ikan nila tersebut tetap sehat. namun, ketika ikan tersebut dikonsumsi manusia, ini bisa berbahaya untuk kesehatan.


Salah satunya Dibutylin, bahan kimia yang digunakan dalam pembuatan plastik, juga bisa ditemukan pada ikan nila yang dibudidayakan. Bahan kimia beracun ini diketahui menyebabkan peradangan dan melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Bahan tersebut juga bisa meningkatkan risiko alergi, asma, obesitas, dan gangguan metabolisme.

Selain Dibutylin, dioksin juga suka ditemukan pada ikan nila. Bahan kimia jenis ini sering dikaitkan dengan pemicu perkembangan kanker dan masalah kesehatan serius lainnya.(cnn indonesia.com)

Berita Terkait

Baca Juga