Lolos PPDB, Bersiaplah Bayar Sejumlah Kewajiban

  • 2017-07-07 penulis : rosi
  • Editor :junaedi
  • dibaca :3850
Lolos PPDB, Bersiaplah Bayar Sejumlah Kewajiban Daftar Ulang PPDB SMA - SMK orangtua harus bersiaplah dana membayar sederetan biaya sekolah.(ipunk)

MALANG- Lolos seleksi dalam PPDB SMA dan SMK negeri jangan senang dulu. Setidaknya bagi orangtua. Sebab, sekolah belum menentukan besaran biaya yang harus dibayarkan di awal tahun ajaran ini. Pada proses daftar ulang Jumat (7/7/2017), item yang harus dibayarkan baru uang seragam dan dana awal tahun saja. Itu akan muncul lagi biaya lainnya.

Biaya seragam Rp 1.021.000 dan dana awal tahun Rp 645 ribu. Besaran dana tersebut harus dilunasi pada proses daftar ulang SMA yang dimulai sejak Senin, (10/7/17).

Menurut Kepala SMAN 6, Drs Hariyanto, M.Pd, dana lain yang akan dibebankan kepada orang tua siswa baru akan diputuskan setelah pertemuan oleh komite sekolah.

“Besaran dana untuk SPP maupun sumbangan berbeda di tiap sekolah, tergantung dari program yang dibuat,” ungkap Hariyanto.

Ada dua jenis anggaran yang akan dibebankan kepada orang tua nantinya. Yakni SPP atau iuran rutin dan sumbangan dana investasi pendidikan. Sesuai dengan edaran gubernur, SPP SMA ditetapkan sebesar Rp 120 ribu per bulan, turun dari standar tahun lalu sebesar Rp 200 ribu.

Karena angka tersebut dirasa memberatkan sekolah, maka Komite akan memutuskan besaran iuran tambahan yang nilainya antara Rp 80-130 ribu.

Sementara untuk sumbangan yang dibayarkan orang tua siswa baru akan ditentukan berasarkan kebutuhan sekolah. Di SMAN 6, jika tahun lalu sumbangan dipatok Rp 3,5 juta, tahun ini besarannya akan naik. Sebab, ada beberapa pembangunan fisik yang harus diselesaikan sekolah dan perlu partisipasi masyarakat.

“Besaran tanggungan orang tua ini juga bersifat subsidi silang, bagi mereka yang tidak mampu bisa lebih kecil bebannya. Tapi kami akan menyurvey dulu berdasarkan surat keterangan miskin (SKTM),” tegasnya. (oci)

Biaya Siswa Baru Jenjang SMA
1.    SPP Sesuai Surat Edaran Gubernur Rp 120 Ribu + iuran tambahan (tergantung kebutuhan sekolah)
2.    Sumbangan Dana Investasi Pendidikan Rp 3,5 Juta (acuan tahun lalu), tahun ini

Berita Terkait

Baca Juga