Risiko Mati Mendadak saat Olah Raga Bisa Dicegah Begini Tipsnya | Klikapa.com - Portal Berita Terkini

Risiko Mati Mendadak saat Olah Raga Bisa Dicegah Begini Tipsnya

  • 2017-09-06
  • Editor :junaedi
  • dibaca :744
Risiko Mati Mendadak saat Olah Raga Bisa Dicegah Begini Tipsnya ilustrasi kematian mendadak saat berolahraga

MALANG-Lagi-lagi kematian saat olah raga menjadi momok. Menyusul kematian Achmad Suparto salah seorang pejabat di Pemkot Kota Batu, yang mendadak meninggal saat berolah raga Futsal.

Sudah cukup banyak orang yang meninggal karena olah raga ini. Di negeri ini sejumlah tokoh juga meninggal saat sepak bola in door ini. Di antaranya mendiang Adjie Massaid, Benyamin S, Basuki, Burhanudidin Napitupulu dan kini Plt Sekda Kota Batu, Achmad Suparto.

Futsal olah raga sehat seperti menjadi 'biang' pencabut nyawa.  Sejumlah ahli kesehatan pun banyak berkomentar. Di antaranya juga memberikan tips. Setidaknya di usia di atas 40

tahun tidak melakukan olah raga prestasi.

Tapi, kematian mendadak yang diakibatkan faktor berhentinya detak jantung (sudden cardiac death) saat olah raga menurut  dr Phaidon L Toruan, MM yang dikenal sebagai dokter dan trainer hidup sehat dan olahraga, adalah salah satu faktor saja.

Menurutnya, kematian mendadak akibat sudden cardiac death bisa menimpa siapa saja dan di mana saja. Meninggal mendadak (sudden death live) lanjut dia secara umum sebenarnya ada tiga faktor.

Perama, Shock Psychogenic  atau faktor emosional, kaget dan takut yang luar biasa. ''Kondisi seperti ini jantung bisa mendadak berhenti berdetak'' tutur  dokter kelahiran Jakarta ini.

Kedua adalah karena kekurangan mineral magnesium. Kekurangan ini, menyebabkan kontraksinya jantung tidak maksimal. Ini bisa terjadi jika orang tersebut kurang makanan buah-huahan, sayuran dan biji-bijian.

Ketiga adalah faktor penyumbatan pembuluh darah.

Terkait itulah dokter yang hobi nge-gym ini memberikan tips makanan untuk mencegah terjadinya kematian mendadak yang secara khusus akibat kekurangan magnesium dan penyumbatan pembuluh darah.

Tips  makanan sehat itu tuturnya, memakan buah tiga kali sehari, pagi, siang dan malam sebelum makan. Dengan konsumsi buah yang cukup, Ada akan mendapat suplai magnesium yang cukup. Dengan begitu mengurangi faktor berhentinya jantung secara mendadak.

Lebih dari itu, tubuh kita akan mendapatkan serat larut yang bisa menurunkan kolesterol secara alami. Anti oksidan pada buah-buahan juga akan mencegah terjadinya serangan jantung.

Selanjutnya, menghidanrai makanan gorengan dan mengkonsumsi lemak sehat. Makanan yang digoreng menyebabkan terjadinya pengentalan pada darah. Ini mengakibatkan perlambatan mengalir darah dan bisa berakibat penyumbatan dalam pembuluh darah.

''Dan juga gorengan itu menurunkan ikatan oksigen dalam darah. Karena sel-sel darah merah itu bisa menggumpal,'' tuturnya.

Untuk itu, katanya, perlu juga mengkonsumsi lemak sehat. Ini disebutkan akan memberikan efek keenceran darah. Lemah sehat juga akna mengurangi kepikunan ermasuk membersihkan

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

Baca Juga