Goa Pandawa, Destinasi Wisata Baru di Kota Batu

  • 2017-09-11 penulis : febri
  • Editor :Rista
  • dibaca :6780
Goa Pandawa, Destinasi Wisata Baru di Kota Batu Pengunjung keluar masuk goa hingga menikmati aneka spot di Taman Goa Pandawa Kota Batu, kemarin. (Dicky Bisinglasi/Malang Post)

BATU–Kota Batu kembali memiliki objek wisata baru, yakni Taman Goa Pandawa. Berlokasi di Dusun Brau Desa Gunungsari Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Taman Goa Pandawa ini lebih mengedepankan konsep wisata alam dan baru dilaunching warga Dusun Brau dengan tumpengan, Sabtu (9/9) kemarin.

Warga Brau menamakan destinasi ini dengan Taman Goa Pandawa karena memiliki lima gua sesuai dengan jumlah tokoh Pandawa dalam cerita pewayangan. Pengunjung bisa menikmati lima gua dengan masuk ke dalamnya atau sekadar berfoto selfie di depan.

Gua ini masing-masing memiliki diameter sekitar dua meter dengan panjang berkisar antara delapan hingga 10

meter. Lima gua yang ada di Dusun Brau itu berdekatan sehingga pengunjung tidak perlu butuh waktu lama untuk berselfie dari satu lokasi ke lokasi lain.

‘’Untuk sekarang baru dua gua yang bisa dieksplore, sedangkan untuk tiga gua lainnya masih terus diupayakan,’’ ungkap M Munir, pengelola Taman Goa Pandawa kepada Malang Post (induk Klikapa.com).

Gua tersebut cukup lama berada di wilayah Brau karena sudah ada sejak penjajahan Jepang. Konon, gua itu adalah bunker untuk menyimpan alat persenjataan Jepang atau area untuk bersembunyi.

Selama ini gua dibiarkan tidak terawat dan bagian luar ditanami rumput oleh warga setempat. Kini, tanaman rumput dibersihkan sehingga cocok digunakan sebagai destinasi wisata baru.

Munir juga menjelaskan, eksplorasi di gua ini cukup aman dari longsor atau ambrol. Dilihat sari struktur lokasi, samping kanan kiri dan atas goa adalah batu padas. Selama ini tidak pernah terlihat adanya titik-titik longsor sehingga sangat aman.

‘’Soal penerangan, belum ada di gua ini. Namun kami terus mengupayakan fasilitas penerangan itu, sedangkan untuk oksigen dalam gua, saya kira masih aman karena kami juga terbiasa masuk dan bisa bernafas dengaan leluasa,’’ tegasnya.  

Tidak hanya gua, pengelola melengkapi Taman Goa Pandawa dengan beberapa fasilitas atau wahana. Ada wahana pinokio raksasa yang terbuat dari kayu. Ada juga tempat foto seflie dengan background alam. Menurut Munir, lokasi ini juga sangat cocok bagi pengunjung yang ingin menikmati sunset maupun sunrise.

Untuk sunrise membelah kaki gunung Arjuno dan Semeru, sedangkan sunset, matahari membelah gunung Dorowati di Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Saat berada di Taman Goa ini, wisatawan akan mendapatkan view luar biasa dalam menikmati sunset maupun sunrise.

Selain itu masih ada taman, gazebo bambu dan juga camping ground. Pengelola, yakni warga Dusun Brau

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

Baca Juga