Hujan Deras, Lima Rumah Warga Terendam, Tembok Jebol | Klikapa.com - Portal Berita Terkini

Hujan Deras, Lima Rumah Warga Terendam, Tembok Jebol

Hujan Deras, Lima Rumah Warga Terendam, Tembok Jebol Tembok pagar rumah salah seorang warga robok setelah dilanda banjir hari Minggu (24/9/2017).

BATU- Hujan deras hari Minggu (24/9/2017) sore, mengakibatkan lima rumah warga di Songgokerto dan Yayasan Perkabaran Persekutuan Injil Indonesia (YPPII), Kota Batu terendam air. Luapan banjir ini juga menjebol pagar YPPII bagian belakang sepanjang kurang lebih 10 meter dengan tinggi 2 meter. Air pun meluber masuk ke halaman dan merendam rumah serta ruangan yang ada di kompleks YPPII.

"Ada beberapa rumah di komplek kita yang terendam sampai selutut, sampah dimana-mana bercampur lumpur dan  tembok ambrol," ujar Ketua Umum YPPII Pendeta Roland M Octavianus.

Roland mengatakan, banjir yang terjadi bukan hanya dikarenakan hujan begitu deras, namun juga karena sampah yang banyak menyumbat selokan.

 "Di tempat kami sudah ada empat saluran yang gede-gede, tapi tidak ada gunanya, karena begitu banyak sampah dan air. Sementara air yang lewat got kecil ini merupakan air dari buangan dari banyak di daerah atas," ujarnya.

Roland pun mengajak warga untuk tidak membuang sampah sembarangan dan jika perlu YPPII siap mengerahkan 600 warganya untuk bersih-bersih di Kelurahan Songgokerto.


Kepala BPBD Kota Batu, Sasmito mengaku sudah melakukan pendataan kerusakan yang terjadi. "Ada lima rumah warga terdampak, air menggenang setinggi 30 centimeter di rumah Pak Winardi, Pak Ngadi, Pak Teguh, Pak Ngangibo dan Pak Untung (rumah di luar YPPII-red)," ujar Sasmito.

Saat ini pihaknya sedang melakukan kajian terkait dengan kebutuhan korban terdampak dan melakukan pembersihan sampah serta material banjir yang ada di kawasan ini. (dan/han)

 

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

Baca Juga