Teluk Asmara, Surga Tersembunyi di Pantai Selatan | Berita Terbaru Hari ini

Close

Teluk Asmara, Surga Tersembunyi di Pantai Selatan

Teluk Asmara, Surga Tersembunyi di Pantai Selatan Pintu masuk Teluk Asmara. (foto: Firman/Malang Post)

buatan warga sekitar yang tidak memiliki izin tersebut akan diubah sebagai tempat konservasi penyu. Pengolah kolam pancing akan dijadikan pengolah kolam konservasi penyu tersebut, dalam perkembangannya.

Menurut Gatot, hal tersebut sangatlah diperlukan. Pasalnya, konservasi binatang laut masih tergolong minim jumlahnya di wilayah Perum Perhutani Malang.

“Karena nanti akan ada kawasan konservasi, pengunjung area Teluk Asmara akan dibatasi,” papar Gatot,

Pembatasan pengunjung dilakukan sama halnya seperti kawasan wisata Pantai Tiga Warna. Hal ini dilakukan karena tempat konservasi membutuhkan banyak ruang untuk dikembangkan serta menghindari upaya “tangan-tangan” nakal tidak bertanggung jawab yang berpotensi merusak.

Untuk jumlah pengunjung yang dibatasi, saat ini pihak Perhutani masih mendiskusikan hal tersebut lebih lanjut. Penentuan pembatasan akan dilakukan melihat kondisi dan situasi sehabis dilakukan “Test Market” beberapa waktu ke depan.

Gatot melanjutkan, saat ini akses yang dapat dilalui pengunjung adalah masuk melalui area Timur Goa Cina. Melewati goa tersebut, saat ini jalan yang dilalui masih dirumbuni dengan tumbuhan liar dan jalan setapak. Rencananya jalan tersebut akan diperlebar sekitar 6 meter.

“Yang jelas dalam bulan ini kita akan memperluas akses masuknya. Saat ini jika mau masuk, kita lewat jalur ke Goa Cina. Patokannya di sana,” tandas Gatot.

Pembukaan wana wisata pantai baru ini tidak hanya menambah titik wisata di kawasan Perhutani Malang semakin banyak. Akan tetapi juga dapat menjadi media pemberdayaan warga sekitar. Perum Perhutani KPH Malang secara langsung akan menyerahkan pengelolaan lebih pada BKPH Sumbermanjing.

‘’Harapannya pembukaan Wisata Teluk Asmara dapat terkelola secara baik. Pihaknya pun akan tetap mengawasi pengelolaan secara berkala dan memprioritaskan pengembangan pada sektor ekonomi dan pemberdayaan masyarakat,’’ harapnya.(ica/lim)


BERITA TERKAIT