Mahfud MD: Indonesia Bersatu karena Pancasila | Klikapa.com - Portal Berita Terkini

Mahfud MD: Indonesia Bersatu karena Pancasila

  • 2017-10-05 penulis : rosi
  • Editor :Rista
  • dibaca :446
Mahfud MD: Indonesia Bersatu karena Pancasila Prof. Dr. Moh. Mahfud MD., S.H. Wagub Jatim Saifullah Yusuf dan pemateri lainnya dalam agenda seminar Nasional di Graha Cakrawala, UM, kemarin (5/10). (Foto : Dhewi Bayu Larasati MALANG POST)

MALANG-Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia kerap mendapatkan pujian dari masyarakat dunia karena punya peran kuat dalam mengikat perbedaan di Indonesia. Terdiri dari banyak pulau, suku, agama, dan budaya, masyarakat Indonesia bersatu dengan Pancasilanya.

“Masyarakat Lebanon yang terdiri dari berbagai agama saja masih belum bisa bersatu dan masih perang terus. Sementara di Indonesia, ribut sebentar kemudian selesai,” ujar Prof. Dr. Moh. Mahfud MD., S.H. saat mengisi Seminar Nasional bertajuk Merajut Kebhinekaan, Meneguhkan Karakter Ke-Indonesiaan di Graha Cakrawala, UM, kemarin (5/10).

Menurutnya, Indonesia dapat bersatu karena memiliki Pancasila. Indonesia, merupakan satu-satunya negara yang kemerdekaanya dibentuk oleh perjuangannya sendiri.

Meski begitu, lanjutnya, berbagai kritik kerap disampaikan pada budaya Indonesia, diantaranya oleh Mochtar Lubis yang pernah menulis enam ciri masyarakat Indonesia, diantaranya suka berbohong, tidak mau bertanggung jawab, ingin disanjung, percaya takhayul, kreatif, dan mudah menyerah. Mohammad Hatta di tahun 1974 juga pernah menyebut Indonesia memiliki budaya korupsi.

“Bila mengatakan bahwa korupsi sebagai budaya, maka kita wajib berputus asa karena budaya tidak bisa diperbaiki karena merupakan warisan dan dikristalkan. Berubahnya lama sekali. Masak kita mau percaya kalau bangsa Indonesia ini korup?” ujarnya.

Mahfud kemudian mengatakan, bila apa yang disampaikan oleh Mohammad Hatta dan Moctar Lubis merupakan suatu peringatan bahwa diantara budaya-budaya yang adiluhung, terdapat sifat-sifat tidak permanen dan bukan merupakan ekspresi dari kebudayaan bangsa Indonesia.

Dikatakan oleh Mahfud, Pancasila merupakan kristalisasi dari kebudayaan Indonesia. Sebagai contoh yakni demokrasi di Indonesia, dimana pemenang ditentukan oleh banyaknya suara.

“Namun tidak sekadar itu, demokrasi melalui proses yang panjang dan diikuti dengan musyarawah, oleh karena itu Indonesia menganut demokrasi permusyawaratan,” ujarnya.

Selain itu, konsep hukum

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

Baca Juga