IAD Malang Gelar Periksa IVA Gratis | Klikapa.com - Portal Berita Terkini

IAD Malang Gelar Periksa IVA Gratis

IAD Malang Gelar Periksa IVA Gratis BINCANG: Salah satu wanita mengikuti periksa IVA gratis di aula Kajari Malang

MALANG- Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Kota Malang menggelar pemeriksaan IVA atau inspeksi visual pada serviks di aula kantor Kejari Malang,  kemarin. Deteksi dini terhadap kanker serviks ini dilakukan serentak di kantor kejaksaan negeri se-Jatim. Hal ini diungkapkan Hj. Warsi, Ketua IAD Kota Malang.

Dijelaskannya, pemeriksaan gratis ini sesuai dengan keinginan Presiden RI, Joko Widodo dan Ketua IAD Pusat, Rose Ariana Prasetyo agar Indonesia bebas kanker serviks dan kanker payudara. "Anggota IAD di daerah memang diminta untuk ikut peduli kesehatan masyarakat di sekitar kantor Kejari," katanya. 

Warsi yang juga Kepala MTsN Lawang tersebut, menegaskan pihaknya bekerjasama dengan Dinkes Kota Malang untuk memeriksa 70 lebih wanita yang mengikuti kegiatan ini.  "Kami sangat menyupport kegiatan ini karena kami juga mendukung program pemerintah menyehatkan masyarakat," kata Kajari Malang, Purwanto Joko Irianto, SH.

Apalagi, lanjut suami Warsi ini, bulan Oktober merupakan bulan peduli kanker. "Ibu Ketua IAD pusat menggerakkan seluruh pengurus se-Indonesia untuk melakukan kegiatan ini. ini. Yang penting, ibu-ibu bisa sehat karena itu karunia yang tidak terhingga," ucap Joko, sapaan akrabnya.

Sementara itu, Kadinkes Kota Malang, dr. Asih Tri Rachmi mengatakan pihaknya berterimakasih atas kepedulian instansi-instansi lain untuk menggelar pemeriksaan IVA ini. "Di puskesmas juga kami sediakan pemeriksaan serupa agar wanita di kota Malang sadar akan kesehatan," papar dia. (mar)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

Baca Juga