Pamerkan Penelitian Siswa se-Indonesia di Malang | Klikapa.com - Portal Berita Terkini

Pamerkan Penelitian Siswa se-Indonesia di Malang

  • 2017-10-11 penulis : rosi
  • dibaca :336
Pamerkan Penelitian Siswa se-Indonesia di Malang (ki-ka) Rektor UMM Fauzan, MPd, Kasubdik Peserta Didik Pembinaan SMA Kemendikbud Suharlan, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang (Disdik) Dra Zubaidah, MM, dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Drs. Syaiful Rahman, MM. (foto: Dhewi Bayu Larasati/Malang Post)

MALANG-Sebanyak 90 penelitian karya siswa-siswa seluruh Indonesia dipamerkan dalam agenda Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2017. Tahun ini, OPSI dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sejak kemarin (19/10) hingga (14/10).

OPSI merupakan ajang pengembangan dan kompetisi bagi siswa Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah (SMA/MA) yang bertujuan memotivasi siswa dalam penelitian dan terlatih untuk menyusun laporan penelitian ilmiah.

Hadir dalam pembukaan kemarin, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Drs. Syaiful Rahman, MM, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang (Disdik) Dra Zubaidah, MM. Zubaidah mengharapkan, ajang ini bisa menghasilkan penemuan-penemuan inovatif yang mampu mengubah masyarakat menjadi lebih baik lagi.

“Saya berharap, finalis dari Kota Malang juga mampu memberikan yang terbaik nantinya,” ungkap Zubaidah.

Seleksi OPSI tahun ini menjaring pendaftar siswa SMA sebanyak 2.092 pendaftar dengan jumlah naskah yang terkumpul sebanyak 1.207 naskah penelitian. Sebanyak 1.729 sekolah dari 34 provinsi tercatat mengikuti OPSI 2017 dengan partisipasi dari Sekolah Menengah Atas sebanyak 1.555 sekolah dan Madrasah Aliyah sebanyak 174 sekolah.

Dari 1.207 naskah penelitian yang masuk, hanya 90 naskah penelitian yang dipilih sebagai finalis OPSI 2017 dan diundang dalam tahap Pameran dan Presentasi OPSI di UMM. Pemenang OPSI 2017 juga masih akan mengikuti tahapan pembinaan dan seleksi untuk diikutsertakan pada kompetisi penelitian tingkat internasional tahun depan.

"Seleksi OPSI dengan metode daring ini bukan semata-mata menggunakan alat bantu teknologi dalam praktik pengelolaan OPSI, tetapi semangat untuk memperbesar potensi-potensi layanan yang ada dalam birokrasi Direktorat Pembinaan SMA dan mengkoneksikannya dengan pihak-pihak terkait," kata Kasubdik Peserta Didik Pembinaan SMA Kemendikbud, Suharlan.

Dalam pameran ini, MAN 3 Malang adalah satu-satunya sekolah yang lolos pameran.

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

Baca Juga