Presiden Jokowi akan Resmikan Graha Rektorat UM

  • 2017-10-12 penulis : rosi
  • dibaca :12759
Presiden Jokowi akan Resmikan Graha Rektorat UM Gedung Graha Rektorat UM telah selesai pembangunannya dan rencananya akan diresmikan Presiden RI Jokowi. (Humas UM)

MALANG-Selain Gedung Graha Cakrawala yang megah, UM akan segera memiliki gedung rektorat yang tak kalah bagusnya. Graha Rektorat UM kini telah selesai pembangunannya dan akan segera diresmikan 17 Oktober mendatang.

Peresmian gedung yang dimulai pembangunannya pada 2010 itu rencananya akan dilakukan oleh Presiden RI Joko Widodo. Wakil Rektor IV bidang kerjasama Dr I Wayan Daksa M.Si., M.Ed. mengatakan, pembangunan gedung rektorat UM ini mengabiskan dana total sekitar Rp 130 miliar.

Dana sebesar itu diambil dari dana APBN dan dana pendapatan negara bukan pajak (PNBP). PNPB ini diambil dari tabungan UM, hasil kerjasama,

UKT mahasiswa dan hasil pendapatan UM lainnya.

“Dari APBN kami dapat Rp 60 miliar, sisanya kami ambil dari PNBP,” kata dia.

Gedung ini dibangun di atas lahan 24 ribu meter persegi dengan luas lahan hampir mendekati 2 hektar. Mempunyai sembilan lantai dan pusat Perkantoran Rektorat akan dioperasikan di lantai delapan.

Pembangunan gedung ini sempat mandek selama tiga tahun di tahun 2012. Pembangunan mandek, disebabkan karena dana APBN yang sudah habis,kemudian menunggu dana berikutnya.

“Kami tunggu tidak turun, akhirnya kami menggunakan dana PNBP itu. Total yang kami keluarkan sebesar Rp 70 miliar,” lanjut dia.

Setelah pembangunan mandek ditahun 2012 hingga 2015, pertengahan tahun ini, pembangunan kembali dilanjutkan. Pembangunan kembali dilanjutkan setelah ada kesepakatan untuk menggunakan dana PNBP tersebut.

Terpisah, Rektor UM, Prof Dr Rofi’uddin, M.Pd berharap gedung baru bisa lebih meningkatkan kinerja lembaga, kualitas kinerja karyawan, meningkatkan kualitas kelembagaan lebih baik lagi.

“Karena fasilitas dibuat lebih nyaman, tentu kami harapkan, seluruh anggota kelembagaan bisa bekerja lebih semangat lagi. Sehingga mampu meningkatkan kualitas kelembagaan. Tim Humas kami juga sering meraih juara. Nah kami harap itu bisa dipertahankan terus bahkan ditingkatkan untuk divisi lainnya,” kata dia.

Selain pusat kerektoratan, gedung ini juga dijadikan pusat administrasi, biro dan LP2M, JPC, dan Humas. Di lantai sembilan juga ada hall yang cukup luas, yang digunakan untuk acara pertemuan. (sin/oci)  

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

Baca Juga