Pasar Besar Terbakar Lagi, Syukurlah Api segera Dipadamkan

Pasar Besar Terbakar Lagi, Syukurlah Api segera Dipadamkan Petugas PLN memeriksa aliran listrik penyebab kebakaran di lantai dasar bagian tengah Pasar Besar Malang.

MALANG- Pasar Besar Malang (PBM) Rabu siang (18/10/2017) terbakar. Namun, lantaran terjadi di tengan akivitas pedagang, api segera diketahui dan dipadamkan sebelum membesar.

Kejadian itu sekitar 11.00. Api terlihat di bagian tengah lantai dasar pasar. Persisnya di pintu masuk sebelah timur depan toko Makmur. 

Kepanikan pedagang dan pengunjung pasar terjadi. Api yang membakar plafon dan jaringan kabel instalasi listrik. Pedagang pun panik bahkan ada yang menyelamatkan barang dagangannya.

“Api membara di atap pintu sebelah timur. Pedagang lain ada yang langsung datang dengan membawa enam alat pemadam ringan. Mereka berusaha memadamkan api yang sudah besar,” Slamet Siswoyo, 45, pengunjung pasar yang berada di lokasi ketika itu.

Melihat api di bagian atap, Suwono pedagang di lokasi terdekat mengaku segera mengajak sesama pedagang  memadamkan api itu. 

“Saya yang melihat api langsung mengajak teman-teman untuk segera memadamkan,” katanya. 
Saat itulah sejumlah pedagang datang dengan membawa alat pemada api porteble. Dalam waktu singkat api segera dipadamkan. Meski saat itu petugas Damkar Kota Malang juga sempat datang.

Kepala Disdag Kota Malang, Wahyu Setianto mengaku segera mendatangi lokasi pasar yang terbakar.  “Kebetulan saya sedang kunjungan ke sini (pasar). Namun saya ada di sebelah selatan pasar,” ungkapnya. 

Menurutnya, penyebab kebakaran diduga karena korsleting listrik.
“Kebakaran ini sama seperti tahun lalu yang terjadi di tengah pasar. Hanya bedanya yang ini segera ditangani oleh pedagang yang ada di sini. Untung juga terjadi siang hari,” ungkapnya. (mg1/mar)

Berita Terkait

Baca Juga