ITS Berjaya di Minneapolis USA | Klikapa.com - Portal Berita Terkini

ITS Berjaya di Minneapolis USA

ITS Berjaya di Minneapolis USA Tim Spektronik ITS mampu kalahkan 43 tim universitas lain di dunia. (HARY SANTOSO/MALANGPOST)

SURABAYA – Tim Spektronics Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya (ITS) Berjaya di USA. Tim besutan Hamzah Fansuri ini berhasil menyabet Juara I Lomba Kendaraan Berbahan Bakar Bahan Kimia di Minneapolis, USA, Senin (30/10) hari ini.

Lomba penuh gengsi ini digelar oleh American Institute of Chemical Engineers (AIChE). Dengan tajuk AIChE Chem-E-Car Competition 2017 tim ITS menyingkirkan 43 rivalnya dari berbagai negara di dunia. ‘’Mereka layak jadi pahlawan Arek ITS,’’ kata Ir Wahid Wahyudi, Ketua IKA-ITS Jatim di kantornya, Senin siang.

Dikatakan Wahid, rival ITS di kompetisi tahunan ini sangat dikenal dikalangan dunia pendidikan. Tidak hanya dari USA, banyak universitas terkenal dari berbagai benua ambil bagian di dalamnya.

Sebagai contoh, universitas dari luar USA antara lain KAIST Saudi Arabia, Qatar, Tianjin China, Canada, Yunani, NTU Taiwan, Korea, Hongkong, India, Kolumbia. Sedang dari USA ada Arizona, Colorado, Cornell, Iowa, Georgia, Oklahoma, Oregon, California, Cincinnati, Kentucky, Lousiana, Maryland, Michigan, Nebraska, Pittsburgh, Tenesse, Virginia, Washington State Univ

‘’Peserta atau universitas yang ikut cukup membuat ngeri siapapun yang bertanding. Karena mereka rata-rata memiliki reputasi tingkat dunia juga,’’ kata Wahid, yang juga Kepala Dinas Perhubungan Jatim ini.

Ditambahkan dia, lomba terdiri dari dua babak. Yaitu babak pendahuluan dengan materi presentasi dan uji kesiapan spek serta safety. Kedua baru kompetisi race yang dibagi dua tahap. Tiap peserta harus menempuh jarak 23,5 M dengan beban air 157 ml.

‘’Ketentuan ini diinformasikan 1 jam sebelumnya. Dan Tim harus meramu bahan kimia H2O2 yang disuntikkan agar mampu mencapai jarak sedekat mungkin untuk target menjadi juara,’’ rincinya.

Dari 43 universitas berbagai Negara akhirnya juri memutuskan peringkat kemenangan

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

Baca Juga