Riverside Palembang Sensasi Ala Chao Praya | Klikapa.com - Portal Berita Terkini

Riverside Palembang Sensasi Ala Chao Praya

Riverside Palembang Sensasi Ala Chao Praya Dinner party di restauran tepian Sungai Musi tidak pernah sepi pengunjung. (HARY SANTOSO/MALANGPOST)

PALEMBANG – Sensasi Dinner Party (makan malam) di atas Sungai Chao Praya, Bangkok, bisa dirasakan di Indonesia. Tepatnya di atas Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan. Bedanya, di Bangkok kapalnya benar-benar bergerak. Sedang di Palembang kapal yang disulap jadi restauran terapung itu, ‘sandar’ di sisi sungai.

River Side Restauran, nama kapal itu terletak di Jl. Rumah Bari, Komplek Benteng Kuto Besak, Palembang. Latar belakang restauran di sisi sungai sepanjang 750 KM ini tidak lain adalah Jembatan Ampera.

Sayangnya, keindahan jembatan yang dibangun jaman Presiden Soekarno ini, lightingnya di malam hari, tidak semewah Jembatan

Suramadu di Surabaya. Mestinya, Pemprov Sumsel ngrumat betul jembatan legendaris ini.

Sebagai lokasi utama tujuan wisata di Palembang, sentuhan artistik sangat diperlukan di tubuh Jembatan Ampera. Tidak saja di malam hari. Di siang hari pun, wajah asli Jembatan Ampera perlu sentuhan seni agar tampak lebih indah dan hidup.

‘’Tidak harus menggunakan dana APBD. Sentuhan mempercantik Ampera, bisa saja menggunakan pihak ke tiga melalui CSR (Corporate Social Responsibility). Pasti bisa. Saya yakin perusahaan pun pasti mau diajak mempercantik Ampera,’’ tutur  Benny Sampirwanto, wisatawan asal Surabaya.

Hampir setiap hari, utamanya saat weekend Riverside Restauran tidak pernah kosong pengunjung. Selain suasana malam di atas Musi, kuliner yang disajikan restaurant ini cukup menarik. Ada daging lada hitam, sup telor ikan, udang bumbu manis serta menu see food lainnya. Tidak ketinggalan, kuliner utama Palembang, Pempek yang sudah mendunia.

Harganya pun, tidak terlalu mahal. Untuk menikmati berbagai hidangan di atas kapal bekas ini, hanya di-charge Rp 165 ribu per orang. Kalau datang bersama rombongan minimal 50 orang, bisa dapat diskon lagi. ‘’Ke Palembang kalau tidak ke Riverside Restauran, rasanya ada yang kurang,’’ kilah Ayu, tour leader BCP Surabaya.

Meski berada di tepi Sungai Musi, di malam hari, tetapi suhu udara di Riverside Restauran tergolong masih cukup panas. Palembang sebagai daerah yang dilewati garis khatulistiwa, sangat terasa panas.

Untuk menyejukkan suasana, pihak pengelola hanya menyiapkan kipas angin besar di beberapa titik. ‘’Satu saja kekurangannya. Panas. Restaurannya sangat panas,’’ keluh Bambang Wahyono, wisatawan Surabaya, yang sering keliling nusantara ini. (has)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

Baca Juga