Kemenag Harus Segera Rekrut Guru Agama | Klikapa.com - Portal Berita Terkini

Kemenag Harus Segera Rekrut Guru Agama

Kemenag Harus Segera Rekrut Guru Agama Menteri Agama Lukman Hakim didampingi Gus Ipul di JX Convention Center Surabaya, Sabtu pagi. (HARY SANTOSO/MALANGPOST)

SURABAYA – Kementrian Agama diisyaratkan segera merekrut guru agama baru di Jatim. Sebab,  guru agama di Jatim kian tahun jumlahnya terus mengalami penurunan cukup siginifikan.

‘’Harapan saya  ada tidakan nyata dari pak Menteri Agama untuk kembali merekrut guru-guru agam Islam,’’ pintah Saifullah Yusuf, Wagub Jatim saat menghadiri pembukaan Kongres ke - 3 Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) di JX International Convention Center, Surabaya, Sabtu (2/12/2017).

Selain Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, hadir juga ribuan agama dari 29 provinisi utusan 230 kabupaten/kota se Indonesia.

Digambarkan dia, 10 tahun lalu jumlah guru agama di Jatim masih mencapa 35 ribu orang. Kini, di tahun 2017,  jumlahnya tersisa hanya 27 ribu guru agama saja. Dengan kata lain, setiap tahun terjadi penurunan 2.000 orang.

‘’Jika tidak ada perekrutan baru, maka 10 tahun lagi jumlah guru agama di Jatim hanya 15 ribu orang. Sekali lagi, kami harapkan pak Menteri Agama segera kembali merekrut guru-guru agama Islam yang baru,’’ rinci Gus Ipul.

Di sisi lain, Gus Ipul juga menyoroti ketimpangan status guru-guru agama di Jatim. Mestinya, lanjut dia, guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di bawah naungan Menteri Agama. Kenyataannya, guru PAI justru diangkat melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

‘’Kejelasan nasab ini penting. Supaya guru-guru Pendidikan Agama Islam lebih mantab memberi pengajaran dan pendidikan pada anak didik kita,’’ tandas mantan Ketua GP Ansor ini meyakinkan.

Terkait nasib guru, tambah Gus Ipul, Pemprov Jatim telah berjuang bersama PGRI dan elemen guru agar para GTT (Guru Tidak Tetap) yang mengajar di Sekolah Negeri bisa menjadi pegawai pemerintah dengan sistem kontrak kerja.  (has)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

Baca Juga