Mengaku Polisi, Pencuri Spesialis Burung Ditangkap | Klikapa.com - Portal Berita Terkini

Mengaku Polisi, Pencuri Spesialis Burung Ditangkap

Mengaku Polisi, Pencuri Spesialis Burung Ditangkap Tersangka Ardyanto (kiri) dan barnag bukti motor serta tiga ekor burung dalam sangkar.

MALANG - Mengaku anggota polisi, ternyata hanya modusnya menipu korbannya. Itulah yang dilakukan Ardyanto, 41, warga Perum Turen Permai RT 04 RW 10,  Desa Padi Talangsuko, Turen, Kabupaten Malang. Laki-laki bertubuh subur sudah dibekuk dan kini meringkuk di tahanan Polsek Poncokusumo.

Menurut Kanit Reskrim Polsek Poncokusumo, Aiptu Andik Risdianto, tersangka dibekuk Senin (4/12/2017) sore di rumahnya. Menyusul laporan korban  H. Ropi'i, 65, warga Desa Belung, Poncokusumo, Kabupaten Malang. dia ditangkap berikut barang bukti yang berupa satu unit sepeda motor Honda Beat Warna Putih N2592AAJ dan tiga ekor burung jenis Cucak Hijau.

Menurut Andik, penipuan atau penggelapan yang dilakukan tersangka ini telah berjalan dua tahun ini. Tersangka bahkan tak jarang mengaku sebagai anggota polisi untuk menyakinkan korbannya.

Salah satu korban yang melaporkan ke Polsek Pocokusumo adalah  H. Ropi'i. Untuk meyakinkan alibinya, tersangka bahkan beraninya meminta korban menunggu di Mapolsek Poncokusumo.

"Awalnya tersangka mengaku anggota, setelah korbannya percaya, tersangka membeli burung milik korban dengan melakukan transaksi di depan Polsek Poncokusumo," jelas Andik.

Burung yang dibeli tersangka adalah jenis Lovebird. Tersangka membeli burung seharga Rp 18 juta. Saat burung diserahkan ke tersangka, korban diminta menunggu di Polsek Poncokusumo. Sedangkan terangka mengaku mengambil uangnya di ATM.


Namun setelah ditunggu-tunggu korbannya, tersangka tidak muncul, barulah korban menanyakan ke anggota polisi yang bertugas di Polsek. Merasa tertipu, korban pun membuat laporan ke polisi.


Pengakuannya kepada petugas, modus yang dijalankan tersangka ternyata sudah lama dilakukan. Salah satunya di Dusun Robyong, Desa Wonomulyo, September 2017 lalu.

"Tersangaka ini spesialis pencurian burung. Ada 18 kali melakukan pencurian. Termasuk mencuri dua HP di wilayah Poncokusumo.

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

Baca Juga