Menkominfo Prioritaskan RUU Perlindungan Data | Klikapa.com - Portal Berita Terkini

Menkominfo Prioritaskan RUU Perlindungan Data

  • 2017-12-06 penulis : febri
  • dibaca :247
Menkominfo Prioritaskan RUU Perlindungan Data Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara saat memberikan keterangan pers. (net)

JAKARTA-Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara berupaya untuk mendorong dibahasnya Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi dengan DPR-RI. Saat ini, aturan yang berkaitan dengan perlindungan data pribadi di Indonesia baru di level Peraturan Menteri (Permen) Komunikasi dan Informatika nomor 20 Tahun 2016.

"Betul, masih Permen. Tapi setidaknya (Kominfo) sudah mengeluarkan regulasi yang menjamin bahwa tidak boleh ada breach(kebocoran) terhadap data yang di-managed oleh operator," ujar Rudiantara di Jakarta.

Tak hanya sampai di situ, Rudiantara menambahkan, pihaknya ingin mendorong aturan mengenai perlindungan data pribadi ini dapat masuk ke dalam perencanaan program pembentukan Undang-Undang atau Prolegnas.

"Kami usahakan lagi, karena Prolegnas sudah jalan. Kami akan usahakan menjadi Prolegnas prioritas pada tahun 2018," ucap pria yang akrab disapa Chief RA ini.

Di samping persoalan tadi, Rudiantara menuturkan, Indonesia adalah salah satu dari sedikit negara di dunia yang belum mempunyai UU Perlindungan Data Pribadi. Itu menjadi salah pendorong disahkannya aturan tersebut.

"Selain itu, saat e-commerce yang sedang booming di dunia, negara-negara di Eropa itu mensyaratkan bahwa harus ada Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi, bagaimana nanti kita berinteraksi menggunakan e-commerce dengan negara di Eropa, itu sudah menjadi katakan kesepakatan di dunia kalau e-commerce jalan. Transaction cross border jalan kalau Undang-Undang Perlindungan Data pribadi di negara itu ada," pungkasnya. (dtc/feb)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

Baca Juga