Bentuk Holding, Kopdit Kosayu Bangun Hotel | Klikapa.com - Portal Berita Terkini

Bentuk Holding, Kopdit Kosayu Bangun Hotel

Bentuk Holding, Kopdit Kosayu Bangun Hotel BERKEMBANG: Mas Purnomo Hadi teken kerjasama disaksikan Ahmad Basuki, Kabid UMKM Diskop Jatim. (HARY SANTOSO/MALANGPOST)

MALANG – Koperasi Kredit (Kopdit) Kosayu, Malang, diproyeksikan bakal membangun sebuah hotel di kota Batu. Rencana ini dilakukan pasca didirikannya holding PT Persaudaraan Jaya Mandiri bersama kopdit Kubu Gunung, Bali dan Kopdit CU Sawiran, Pasuruan, media Nopember lalu.

‘’Model ini (pendirian holding) akan terus kita terapkan ke koperasi lain di Indonesia,’’ tandas I Wayan Dipta, Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementrian Koperasi di Malang, Kamis pagi.

Dikatakan Wayan, cara bertahan di era ketatnya persaingan bisnis salah satunya bisa dengan mendirikan holding. Selain memperkuat jaringan pemasaran, pembuatan holding otomatis mendongkrak kekuatan modal investasi.

Sebagai bukti, langkah bisnis PT Persaudaraan Jaya Mandiri saat ini ditopang dengan modal kurang lebih Rp 650 miliar. Angka ini adalah gabungan aset ketiga kopdit yang kebetulan semuanya bergerak di bidang finance.

‘’Mau apa saja, tidak perlu cari pinjaman uang bank. Cukup memutar asetnya sendiri. Mau bangun hotel, bangun jaringan bisnis atau jaringan layanan lain tidak susah. Mengapa, karena modalnya sudah cukup kuat,’’ papar Wayan.

Dari data yang ada menunjukkan ketiga kopdit ini memiliki usaha beragam. Yaitu pertanian, jasa pariwisata seperti homestay, kuliner, warung ritel, hingga produk makanan dan minuman. ‘’Kenapa bangun hotel di Batu karena kota Batu pusatnya wisata di Jatim,’’ pungkasnya.

Ditemui di tempat yang sama, Mas Purnomo Hadi menyebutkan, pihaknya akan terus mendorong lebih banyak lagi pembentukan holding oleh koperasi. Sebab, dari segi apapun cara ini sangat menguntungkan eksistensi dan kinerja koperasi.

‘’Makanya, hari ini, seluruh kepala koperasi di Jatim kita kumpulkan.  Memang tidak gampang. Tapi, kalau tidak mulai sekarang kapan lagi,’’ ungkap Mas Pur usai menandatangani kerjasama dengan PT Akrindo

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

Baca Juga