Jelang Natal dan Tahun Baru Hotel-hotel Malang mulai Full Booked | Berita Terbaru Hari ini

Close

Jelang Natal dan Tahun Baru Hotel-hotel Malang mulai Full Booked

  • 2017-12-18 penulis : Amanda Egatya
  • Editor :junaedi
  • dibaca :6038
Jelang Natal dan Tahun Baru Hotel-hotel Malang mulai Full Booked ilustrasi salah satu hotel yang memiliki fasilitas indor justru laris manis di saat musim liburan Natal dan Tahun Baru yang dibayangi cuaca tak bersahabat.(ipunk)

MALANG-Jelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru, hotel dan guest house di Kota Malang mulai panen. Sejumlah kamar pun telah terpesan para wisatawan mencapai 60 persen.

Beberapa hotel bintang 3 dan 4 paling laris dipesan. Hingga saat ini, hotel-hotel tersebut sudah banyak dipesan dan tingkat okupansi berada yang rata-rata di angka 60 persen.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Malang Dwi Cahyono, menyebutkan beberapa hotel besar sudah banyak menerima booking untuk Natal dan Tahun Baru. Tidak sedikit yang saat fully booked.

“Sudah lebih dari 50 persen hotel di Malang mulai di booking, rata-rata hotel bintang 3 dan 4. Sedangkan untuk guest house dan kelas melati, akan full pada saat hari H dengan walk in guest,”  katanya, Senin (18/12/2017).

Dwi pun memastikan jika rata-rata city okupansi berada di angka lebih dari 60 persen. Saat ini, total hotel seluruhnya di Malang ada lebih dari 150 hotel dengan ketersediaan lebih dari 6.000 kamar. Mulai hotel kelas melati, guest house, hingga hotel berbintang.

“Mau Natal sudah mulai naik okupansinya, puncaknya hingga Tahun Baru nanti,” lanjut dia.

Dwi menerangkan, jika dilihat dari data Pariwisata Asia, tahun ini industri perhotelan memang agak menurun dibanding tahun lalu, di mana city okupansi hingga akhir tahun berada di kisaran angka 70-80 persen.

“Salah satunya karena faktor cuaca. Selain itu juga karena daya beli dan perekonomian secara global,”jelasnya.

Menurut Dwi, promo-promo yang diberikan hotel, mempengaruhi tingkat okupansi. Tidak sedikit hotel yang memberikan program khusus Natal dan Tahun Baru, seperti harga dan fasilitas yang disediakan.

Namun mengingat, cuaca yang tidak menentu, dan berjaga akan hujan, orang cenderung memilih  hotel yang mempunyai fasilitas indoor dan menghindari paket outdoor.


BERITA TERKAIT