Sediakan Dana Rp 2,5 Triliun bagi Pelaku Usaha Mikro

Sediakan Dana Rp 2,5 Triliun bagi Pelaku Usaha Mikro Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat blusukan di Pasar Besar Kota Malang. Foto bawah Menteri Keuangan berdialog dengan pedagang Pasar Besar, Kamis (4/1).

2017 pihaknya menerima Rp 50 miliar untuk Pembiayaan Umi dan telah tersalurkan kepada nasabah. ”Di Malang Raya kami memiliki 16 kantor. Selama ini kami memberikan kemudahan kepada nasabah. Bahkan untuk setoran pun, nasabah tak perlu datang ke kantor, karena ada petugas kami yang keliling,’’ katanya.

Abdur Rohim pun berharap tahun ini pihaknya mendapatkan tambahan dana untuk disalurkan ke para pelaku usaha. Sementara penyerahan pembiayaan UMi kemarin dilakukan secara simbolis oleh Sri Mulyani kepada delapan pelaku usaha. Enam dari nasabah KSPS BMT UGT Sidogiri dan dua dari Pegadaian.

Selain menyerahkan Pembiayaan UMi, kedatangan Sri Mulyani juga dimanfaatkan pelaku usaha untuk tanya jawab. Mereka tidak sekadar menanyakan program UMi, salah satu pedagang yakni Imelda Susi justru menanyakan tentang kabar pembangunan pasar besar. 

Bukan tanpa alasan Susi menanyakan itu kepada Sri Mulyani. Sebab kabar pembangunan dan rencana penggusuran itu membuat para pedagang sangat resah.

”Saya mau tanya bu, apa betul Pasar Besar ini dibongkar. Kami tidak setuju bu, pasar ini merupakan tempat kami mengais rejeki, pasar ini juga menjadi hidup kami,’’ katanya. 

Mendatapatkan pertanyaan itu, Sri Mulyani pun tersenyum. Namun dia langsung melimpahkan pertanyaan itu kepada Wakil Wali Kota Malang H Sutiaji yang juga hadir dalam kegiatan tersebut.

”Bukan dibongkar, tapi dibenahi, agar terlihat bagus,’’ katanya.

Selain dialog, Sri Mulyani juga sempat mendatangi para pedagang dan menanyakan harga. Dia juga sempat minum es degan yang dijual pedagang pasar besar. Kedatangan Sri Mulyani di Pasar Besar pun di respon positif para pedagang dan pengunjung.

Tak jarang, mereka mengajak Sri Mulyani berswafoto. Ajakan itupun ditanggapi manis oleh wanita berkamata minus ini. Bahkan, wanita kelahiran 26 Agustus 1962 ini juga memegang HP milik pedagang untuk kemudian selfie bersama mereka. 

Selain Menteri Keuangan ddan Wakil Wali Kota Malang Sutiaji, penyerahan Pembiayaan UMi juga dihadiri para pejabat. Di antaranya Direktur PIP, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Dudi Herawadi, Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Malang Purwantro Joko Irianto dan lainnya.(ira/han)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

Baca Juga