14 Titik Longsor di Ampelgading Tutup Jalan Desa

14 Titik Longsor di Ampelgading Tutup Jalan Desa Tanah Longsor di 14 titik di wilayah Ampelgading,Kabupaten Malang ganggu jalan desa. (gilang)

MALANG– Bencana tanah longsor terjadi di Desa Tamansari, Ampelgading, Kabupaten Minggu (7/1/2018). Dari data Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Malang, terdapat 14 titik longsor dan berimbas terhadap tertutupnya akses jalan.

Informasi yang dihimpun, longsor terjadi pada siang hingga menjelang sore hari. Setelah kawasan tersebut diguyur hujan deras sejak Sabtu (6/1/2018). Akibatnya, terjadi longsor di 14 titik di kawasan ini.

“Tidak ada korban jiwa dan rumah yang rusak karena tertimbun tanah longsor,” ujar Sekretaris PMI Kabupaten Malang, Aprillijanto, Senin (8/1/2018).

Dijelaskannya, longsor hanya merusak beberapa tanaman pertanian dan menutup jalan desa. Peristiwa ini diakuinya murni karena tingginya curah hujan yang mengakibatkan tanah menjadi lembek.

Warga dan petugas PMI segera gotong royong memberishan tanah khususnya yang mengganggu jalan desa. Selain itu, PMI mengerahkan pompa air untuk membersihkan tanah yang menutup jalan desa.

“Proses pembersihannya sudah selesai. Saat ini akses jalan sudah terbuka kembali. Meski demikian, kami tetap memantau kondisi di lokasi kejadian untuk mengantisipasi longsor susulan,” papar pria ramah ini.

Dia mengimbau masyarakat khususnya di daerah rawan bencana untuk tetap meningkatkan kewaspadaannya. Mengingat intensitas hujan deras semakin tinggi dan diprediksi terjadi hingga bulan Februari 2018 mendatang.

Kami minta masyarakat untuk tetap waspada ketika turun hujan deras. Selain itu, kami sudah menyiagakan tim sibat untuk siaga setiap saat dan memantau kondisi di masing-masing wilayah,” terangnya. (big/lim)

Berita Terkait

Baca Juga