Polisi Periksa 11 Orang Terkait Penjualan Tanah Bengkok Pakiskembar | Klikapa.com - Portal Berita Terkini

Polisi Periksa 11 Orang Terkait Penjualan Tanah Bengkok Pakiskembar

  • 2018-01-10 penulis : Agung Priyo
  • Editor :junaedi
  • dibaca :207
Polisi Periksa 11 Orang Terkait Penjualan Tanah Bengkok Pakiskembar Tanah Bengkok Desa Pakiskembar, Pakis, Kabupaten Malang yang diduga dijual perngkat desa setempat.

MALANG - Polisi merespon cepat terhadap sengketa tanah kas desa yang diduga 'dijual' perangkat desa Pakiskembar, Pakis, Kabupaten Malang. Setidaknya sudah 11 orang yang telah dipanggil untuk dimintai keterangan ikhwal kasus ini.

Menurut Kanit Idik IV Reskrim Polres Malang, Iptu Sutiyo, 11 orang yang diperiksa itu masih berstatus saksi. Mereka di antaranya BPD Desa, tokoh masyarakat, perangkat desa, pihak PT yang sebelumnya menyewa lahan serta Kepala Desa Pakiskembar.

"Masih ada dua orang saksi lagi yang akan kami mintai keterangan. Yakni Camat Pakis serta saksi dari Tata Pemerintahan Desa," ungkap Sutiyo, Rabu (10/1/2018).

/>  
Menurutnya, pemeriksaan saksi tambahan ini, untuk mengetahui apakah penyewaan tanah kas desa (TKD) yang diduga dilakukan Kades Pakiskembar, melanggar undang-undang atau tidak.

"Jika perlu, nanti kami juga akan memanggil saksi dari badan aset Kabupaten Malang," ujarnya.

Setelah pemeriksaan para saksi tersebut selesai, pihaknya segera melakukan gelar perkara untuk menentukan langkah selanjutnya. Apakah bisa dinaikkan ke tingkat penyidikan atau tidak. Termasuk apakah ada tersangka dalam kasus tersebut.

"Yang jelas kasusnya terus kami selidiki. Sekarang masih kami dalami dengan meminta keterangan saksi-saksi," bebernya.

Warga Desa Pakiskembar, menolak alih fungsi tanah aset Desa Pakiskembar seluas lima hentare. Tanah itu kini bahkan separonya telah bersertifikat pihak lain. Padahal, warga merasa tidak ada pembicaraan ikhwal alih fungsi ataupun ruilslag. Karena itukah mereka yang tergabung dalam tim 10 itu menolak penjualan aset desa itu.(agp/jon)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

Baca Juga