Begini Psikotes dan Tes Kesehatan Calon Wali Kota dan Wakilnya | Berita Terbaru Hari ini

Close

Begini Psikotes dan Tes Kesehatan Calon Wali Kota dan Wakilnya

Begini Psikotes dan Tes Kesehatan Calon Wali Kota dan Wakilnya Calon Wali Kota Malang, dari kiri, Moh anton, Ya’qud Ananda Gudban dan Sutiaji saat akan mengikuti Psikotes.

WIB. Tes fisik ini meliputi tes laboratorium, rekam jantung, THT, mata sampai paru-paru. Dilakukan pula tes kesehatan jantung dengan menggunakan treadmill.

Setelah seluruh tahapan tes kesehatan selesai, tim dokter akan mengumpulkan hasil tes dan melakukan rapat pleno internal yang akan dilakukan pada 15 Januari. Dari rapat pleno ini, hasil pemeriksaan tiap paslon akan keluar berupa surat rekomendasi dari tim dokter.

“Surat rekomendasi yang menyatakan hasilnya yakni layak atau tidak layak untuk mencalonkan diri sebagai pemimpin daerah,” tegas Wayan.

Sekretaris KPU kota Malang Muhamad Sailendra menegaskan, hasil rekomendasi dari dokter akan menjadi acuan KPU Kota Malang. Apakah paslon tersebut lolos atau tidak dalam tes kesehatan.

Jika memang ada rekomendasi yang menyatakan seorang paslon tidak layak maju, KPU Kota Malang akan melakukan rapat pleno.

“Bisa saja nanti ada yang gugur atau diberitahukan sesuai prosedur bahwa orang tersebut harus diganti. Tetapi, itu tergantung nanti hasil dan rapat pleno KPU,” tandas Sailendra.

Menurut jadwal KPU, penyampaian hasil pemeriksaan kesehatan oleh KPU Kota Malang akan diberikan pada tanggal 16 Januari mendatang.(ica/han)

 


BERITA TERKAIT