KPU Kota Malang Tak Gentar Hadapi Protes Nasdem, Ini Dalihnya

  • 2018-01-12 penulis : Ira Ravika
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1663
KPU Kota Malang Tak Gentar Hadapi Protes Nasdem, Ini Dalihnya Ketua DPD Partai Nasdem Kota Malang M Fadli (tengah bertopi).(ipunk)

MALANG - Ketua KPU Kota Malang Zaenudin ST MAP, mengaku tak gentar dilaporkan Partai Nasdem ke Panwaslu. Ia membenarkan pihaknya menolak perbaikan pendaftaran dari Partai Nasdem. Penolakan itu bukan keputusannya, namun telah diatur dalam undang-undang. 

Dia menguraikan, proses pendaftaran tiga pasangan calon statusnya telah diterima. Baik itu pasangan H Moch Anton–Syamsul Mahmud, Dr. Ya’qud Ananda Gudban-Ahmad Wanedi dan H Sutiaji-Sofyan Edi Jarkowo.  

”Nah, menurut aturan tak ada penarikan pendaftaran,’’ katanya.

Dijelaskan, saat pendaftaran pasangan calon Ya’qud  Ananda Gudban-Ahmad Wanedi (Menawan) , KPU sudah menawarkan opsi.

 Pertama, apakah pendaftaran dilanjutkan atau menunggu perbaikan berkas dari Partai NasDem sebagai pengusung. Saat itu, paslon memutuskan untuk melanjutkan pendaftaran, sehingga proses pendaftaran dilanjutkan. Hasilnya, pendaftaran pasangan Nanda-Wanedi  diterima, dengan empat partai pengusung dan satu partai pendukung. 

”Sudah selesai waktu itu. Lalu ada perbaikan, itu yang tidak boleh. Bisa ada penarikan pendaftaran, jika seluruh partai pengusung menarik dan disetujui pasangan calon. Faktanya tadi malam tidak demikian, sehingga keputusan kami saat itu tidak menerima berkas perbaikan dari Partai Nasdem,’’ tuturnya.

Zaenudin pun mengaku tak gentar dengan surat protes yang dilayangkan Partai Nasdem. Bahkan, KPU mengaku siap jika Fadli selaku ketua DPD Partai Nasdem melayangkan gugatan. ”Kami siap. Monggo kalau mau menggugat,’’ tandas Zaenudin.(ira/big/han)
 

Berita Terkait

Baca Juga