Perangi Plagiarisme dengan Sanksi yang Tegas

  • 2018-01-12 penulis : kerisdianto
  • Editor :Rista
  • dibaca :1428
Perangi Plagiarisme dengan Sanksi yang Tegas

MALANG-Plagiasi menjadi masalah besar bagi lembaga pendidikan. Satu saja ada civitas yang melakukannya, lembaga bisa terkena imbas. Asesor Sertifikasi Dosen Prof. Dr. Suko Wiyono, SH MH menegaskan, sanksi terhadap plagiasi tidak main-main.

Bagi individu, pencopotan gelar akademik jadi sanksinya. Tak hanya itu, lembaga asalnya juga bisa terkena sanksi berupa blacklist bagi civitas lain yang akan memroses kepangkatan maupun gelar akademik.

“Hati-hati jangan sampai melakukan plagiasi, karena sanksinya sangat berat,” ungkap Suko.

Suko menuturkan, sebenarnya lembaga sudah melakukan langkah antisipasi yang ketat untuk mencegah plagiasi. Misalnya bagi mahasiswa, mereka wajib menandatangani pernyataan bahwa karya yang dibuat adalah asli. Sementara bagi dosen, sanksi dari Kemenristekdikti juga sangat tegas. 

Rektor Universitas Wisnuwardhana ini berpendapat, mesin plagiasi yang dimiliki kampus sebenarnya tidak bisa menjadi solusi. Sebab, secanggih apapun mesin, manusia tetap jadi pengontrolnya. 

Sementara Wakil Rektor 1 Universitas Negeri Malang Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed. M.Si mengatakan ada dua tempat di UM yang menggunakan program aplikasi anti plagiasi, yaitu pascasarjana dan perpustakaan UM.

Dengan fungsinya yang hampir sama untuk pascasarjana terkait dengan karya disertasi publis di jurnal internasional dan prosiding. Sedang untuk perpustakaan yang banyak digunakan untuk mahasiswa S1.

“Plagiasi memang menjadi masalah bagi lembaga pendidikan. Terutama untuk mahasiswa S1 yang masih dikhawatirkan banyak hasil penelitian atau skripsi yang melakukan plagiasi,” ujar Budi kepada Malang Post (induk Klikapa.com).

Ia menjelaskan lebih lanjut, plagiasi yang dimaksud bukanlah mengambil karya orang lain tanpa disadari. Namun karena terlalu banyaknya kutipan yang digunakan mahasiswa yang melebihi 40 kata. Sehingga secara tidak langsung karya yang dibuat akan terdeteksi dengan program software anti plagiasi Plagiarism Checker

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

Baca Juga