Material SIM Kosong, Pemohon Diberi Surat Keterangan

Material SIM Kosong, Pemohon  Diberi Surat Keterangan ilustrasi pemohon SIM di Kota Batu yang sementara ini hanya mendapatkan surat keterangan karena materian SIM kosong.(dicky)

BATU - Lima hari terakhir material SIM di Kota Batu kosong. Alhasil, beberapa pemohon setelah mengurus dan memenuhi persyaratannya hanya bisa membawa surat keterangan pengganti SIM.

“Tadi saat foto diberitahu kalau material SIM habis, karena itu saya diberikan surat keterangan pengganti SIM,” terang Muklas, salah seorang pemohon SIM, Jumat (12/1/2017).

Meski begitu Muklas merasa tidak menjadi masalah, karena terpenting ia sudah memenuhi semua tahapan seleksi dan dinyatakan lulus.

“Katanya surat keterangan ini bisa ditunjukkan kalau ada razia polisi,'' ujarnya.

Hanya saja, dengan hanya menerima surat keterangan seperti itu, artinya ia masih harus datang lagi

ke Polres Batu untuk mengambil SIM jika sudah jadi.
 
Kasat Lantas Polres Batu, AKP Ari Galang Saputro membenarkan jika dalam lima hari ini terjadi kekosongan material SIM. Hal ini di luar kemampuan pelayanan Satlantas Polres Batu, karena material SIM menjadi kewenangan pusat.

“Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, Insya Allah minggu depan tercukupi kembali,” terangnya.

Dijelaskan, surat keterangan yang diberikan memiliki fungsi yang sama dengan SIM, hanya saja bersifat sementara. Ketika ada razia polisi, pemilik surat keterangan ini bisa menunjukkannya kepada petugas.

Ia pun meyakinkan jika surat keterangan itu tetap tidak akan bisa dipalsu, karena polisi sudah menaruh kode-kode khusus. Jadi ketika ada yang memalsukan surat keterangan tersebut. (dan/lim)

 

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

Baca Juga