Hasilkan Tiga Koran dalam Tiga Bulan

Hasilkan Tiga Koran dalam Tiga Bulan Mahasiswa Semester 7 jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia didampingi Dra Sugiharti (berdiri tengah) menujukkan tiga koran hasil karya mereka PKL Jurnalistik. (Abdul Halim)

hanya pantai selatan di Donomulyo, gunung Arjuno dan Desa Ngadas di lembah Bromo pun mereka daki demi mendapatkan berita dan foto terbaik. Tak peduli panas, dingin dan hujan. Semua total, semua bekerja keras sesuai dengan tugas dan tanggungjawabnya masing-masing," paparnya.

Menurut Mochamad Amsori, Pemimpin Perushaan Swaraloka News, PKL Jurnalistik lebih memperkaya keterampilan yang mengutamakan kerja sama tim.

"PKL Jurnalistik juga mengembangkan keterampilan baru mahasiswa, seperti menjadi reporter, fotografer dan layouter yang berguna menghadapi dunia kerja," ungkap mahasiswa Kelas A ini.

Menurut Irwan Dwi Prasetya, Pemimpin Perusahaan Warta Malabar, PKL Jurnalistik ini menjadikan mahasiswa mengerti lebih tentang arti kerja keras dan tanggungjawab. Bukan dengan menuntut, melainkan menerima. Bukan dengan berlari, melainkan saling menggenggam satu sama lain. Bukan dengan amarah, melainkan kebijaksanaan hati. 

"Tapi ini PKL satu-satunya yang membuat kami terus, terus, dan terus berkarya tanpa henti. Saling bersaing bukan lagi menjadi tujuan kami, namun satu topik yakni kekompakan di antara teman yang menjadi kekuatan kami, karena kami keluarga," tandas mahasiswa Kelas B ini.

"PKL Jurnalistik, ibarat makanan adalah paket lengkap. Tidak hanya memaksimalkan praktik, namun juga aplikasi teori. Misalnya teori penulisan berita dan fotografi. Selain itu, PKL Jurnalistik melatih mahasiswa menjalin networking. Bekerja sama dengan banyak pihak, baik narasumber, maupun pengiklan, serta Malang Post (induk Klikapa.com). Banyak pengalaman fan ilmu, tidak hanya seputar jurnalistik. Namun, ilmu dalam mengelola segala aspek dalam sebuah tim, serta mengoptimalkan setiap potensi dari segala peluang yang ada," pungkas Desy Fatmala Pemimpin Redaksi Genesis (Kelas C). (lim)

Berita Terkait

Baca Juga