Kali Mengeluarkan Busa, Warga Percaya Bisa Menyembuhkan Penyakit

Kali Mengeluarkan Busa, Warga Percaya Bisa Menyembuhkan Penyakit Warga yang menunjukkan busa di kali Sesek di Titroyudo, Kabupaten Malang yang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

MALANG – Kemunculan busa dari sungai Sesek di Dusun Krajan, Desa Pujiharjo, Tirtoyudo, Kabupaten Malang menarik perhatian warga setempat. Anehnya, gelembung-gelembung putih mirip buih sabun ini diyakini bisa memberikan kesembuhan sejumlah penyakit.


Hingga Jumat (26/1/2018) busa “ajaib” itu banyak didatangi warga. Warga yang penasaran saat melihat ada yang mencoba membasuhnya ke bagian tubuh. Hasilnya, sejumlah masyarakat mengaku busa itu dapat menyembuhkan penyakit.


“Setelah busa itu saya basuh ke kaki, sakit rematik berangsur-angsur hilang,” ujar Edi Sumarlan, salah satu warga setempat.

 
Menurut dia, warga lainnya juga merasakan hal yang sama. Berbagai penyakit yang diderita masyarakat berangsur pulih setelah membasuh dengan busa putih itu.

“Tetangga saya yang memiliki sakit bengkak di tangannya, langsung sembuh setelah membasuh menggunakan busa putih itu,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Pujiharjo, Hendik Arso mengatakan, busa putih itu muncul sejak Sabtu (20/1/2018). Masyarakat dikagetkan dengan munculnya busa putih itu secara tiba-tiba.

“Sungai Sesek itu berada di pinggir jalan utama menuju Desa Pujiharjo. Sungai itu berukuran kecil dan hanya ada airnya ketika musim hujan seperti sekarang. Kalau saat musim kemarau, ya tidak ada airnya,” terangnya.

Awalnya dia tidak percaya busa itu dapat menyembuhkan penyakit. Setelah dicobanya, dia percaya dapat meyembuhkan penyakit.

“Saya basuh ke badan saya, pegal-pegal langsung hilang,” akunya.

Dia tidak tahu darimana asal muasal busa putih tersebut. Lantaran di sekeliling sungai tidak ada pemukiman penduduk dan tidak ada pabrik. Apalagi busa putih itu juga tidak berbau wangi seperti busa yang dihasilkan oleh sabun pencuci pakaian.

“Atas sungai itu hutan dan banyak pepohonan. Bisa jadi busa putih itu berasal dari tanaman atau pepohonan,”

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

Baca Juga