KPU Nyatakan PDIP - Gerindra Lolos Verifikasi Selanjutnya....

  • 2018-01-29
  • Editor :junaedi
  • dibaca :529
KPU Nyatakan PDIP - Gerindra Lolos Verifikasi Selanjutnya.... ilustrasi

JAKARTA-Dua partai politik PDIP dan Gerindra dinyatakan memenuhi syarat untuk lolos verifikasi faktual di tingkat kepengurusan pusat. Pernyataan Komisi Pemilihan Umum (KPU) itu menyuusul telah dilakukan proses verifikasi itu di tepat berbeda Senin (29/1/2018).

Dengan begitu, PDI Perjuangan dan Gerindra, Golkar, PKB, Demokrat, Nasdem, Gerindra, PSI, Berkarya, Garuda dan Perindo dinyatakan lolos verifikasi tingkat pusat. Sementara PAN, dan PBB, masih belum memenuhi syarat. Mereka belum memenuhi syarat tetepi masih memiliki waktu memperbaiki hingga Selasa (30/1).

KPU menyatakan, setelah proses verifikasi sekitar 30 menit,  PDIP memenuhi syarat untuk lolos verifikasi faktual di tingkat

kepengurusan pusat.

Dalam verifikasi itu, KPU mengecek kartu tanda anggota terhadap Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto dan Bendahara Umum Olly Dondokambey, yang hadir saat proses verifikasi.

keterwakilan perempuan di partai ini, sebanyak 30 persen atau 14 orang di kepengurusan dan dokumen domisili partai yang terdaftar di Lenteng Agung.

"Kami nyatakan untuk verifikasi faktual tingkat DPP PDIP memenuhi syarat. Kami minta PDIP menyiapkan verifikasi faktual tingkat daerah untuk memenuhi persyaratan agar bisa mengikuti pemilu 2019," kata Komisioner KPU Ilham Saputra, di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin (29/1).

Di tempat terpisah, Gerindra juga dinyatakan lolos dalam tiga penilaian. Pertama, kesesuaian antara kondisi fisik pengurus inti dengan dokumen identitas yang diserahkan kepada KPU. Kedua, kesesuaian alamat kantor dengan yang tercantum dalam berkas yang diserahkan kepada KPU. Ketiga, keterwakilan 30 persen perempuan dari total jumlah pengurus.

“Sudah (memenuhi syarat)'', ucap Komisioner Viryan Azis dilansir dari cnnindinesia.com

Verifikasi yang dilakukan di Kantor DPP Gerindra itu dilakukan mulai pukul 14.00 hingga 17.00 WIB.


Beda saat verifikasi terhadap partai politik lain, misalnya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Nasional Demokrat (NasDem) dan PDI Perjuangan yang tidak sampai satu jam.


Ikhwal lamanya proses verifikasi tertutup kepada Gerindra itu menurut Viryan karena menunggu perwakilan satu orang perempuan


Hal itu berbeda ketika KPU melakukan verifikasi ke partai politik lain yang dilakukan secara terbuka. Misalnya ketika verifikasi dilakukan di DPP Demokrat pada Minggu (28/1), wartawan diperkenankan meliput saat KPU mengecek kesesuaian identitas dengan kondisi fisik pengurus inti.

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

Baca Juga