Ngijo Bangun Wana Wisata Kolam Renang

Ngijo Bangun Wana Wisata Kolam Renang DIKEBUT: Pembongkaran rumah salah satu warga untuk perluasan pintu masuk menuju kolam renang Telogosari Ngijo. (HARY SANTOSO/MALANGPOST)

MALANG – Desa Ngijo, Kecamatan Karangploso,  Malang terus berbenah. Kekayaan sumber air di desanya akan dimaksimal menjadi areal wisata baru. ‘’Kamis besok pembangunan akan kita mulai,’’ papar Mahdi Maulana, Kepala Desa Ngijo saat meninjau rencana lokasi wisata, Rabu siang.

Secara detail, kades penggemar musik rock ini lantas merinci bentuk wisata yang akan dibangunnya. Sesuai sumber daya alam yang dimilikinya, wana wisata awal yang dibangun adalah kolam renang.

Sekilas memang tidak jauh berbeda dengan kolam renang pada umumnya. Tetapi, kolam renang di Ngijo ini airnya tidak terus mengalir. ‘’Tidak perlu nguras kayak kolam renang lainnya. Karena sumber air untuk kolam mengalir tidak pernah berhenti,’’ ujarnya bersemangat.

Kolam renang yang diberi nama Kolam Telogosari Ngijo dibangun dengan biaya awal Rp 200 juta. Anggaran yang bersumber dari swadaya murni warga ini sifatnya stimulan. Karena, pengembangan wana wisata Ngijo tidak berhenti di kolam saja.

‘’Ada beberapa spot yang akan kita wujudkan di areal 200 M2 ini. Setelah ini selesai, sungai ini akan kita benahi juga menjadi arena sepeda air. Di atasnya ada flying fox. Pokoknya, banyak spot yang kita bangun,’’ jelasnya sembari menunjuk lokasi dimaksudkan.

Kolam Telogosari posisinya persis di bawah rusun dan villa Dusun Telaga, Ngijo. Saat ini, ribuan kubik debit air di sini tidak termanfaatkan secara baik dan maksimal. Memang, PDAM Kabupaten Malang sudah memanfaatkan untuk kebutuhan pelanggannya.

‘’Lihatlah, berapa ribu liter air terbuang sia-sia ke sungai. Makanya, saya bersama warga Ngijo akan memanfaatkannya untuk kolam pemandian,’’ kata Mahdi meyakinkan.

Tahap awal pembangunan  dimulai dengan membersihkan lokasi kolam renang. Sedang untuk menjaga kelancaran keluar masuk pengunjung, pintu masuk

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

Baca Juga