Tanpa Sanksi, Opsgab Dishub Kota Malang Tertibkan Parkir di Trotoar

Tanpa Sanksi, Opsgab Dishub Kota Malang Tertibkan Parkir di Trotoar Tim Gabungan Dishub Kota Malang saat melakukan penertiban parkir di trotoar jalan.(dicky)

MALANG - Operasi Gabungan (Opsgab) Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang bersama kepolisian dan TNI melakukan penertiban parkir di wilayah Kota Malang. Namun, dalam operasi ini, petugas hanya memberi peringatan baik pemilik kendaraan maupun juru pakir (jukir) yang memarkir motor dan mobil tidak sesuai aturan atau di trotoar.

Salah satunya ditemukan parkir di trotoar di kawasan pertokoan Jalan A Yani, Jalan Basuki Rachmad, Jalan Kauman, Jalan Kawi sampai Jalan Kawi Atas.

Petugas yang menurunkan 30 personel itu mendapati di kawasan itu trotoar jalan sudah peralihan fungsi menjadi tempat parkir.

Saat berada di salah satu kawasan pertokoan Jalan Basuki Rachmad, petugas Dishub mendapati sebuah kendaraan roda dua terparkir di atas trotoar. Melihat hal itu, petugas langsung mengangkat kendaraan dan hendak memindahkannya ke luar areal trotoar.

Namun, pemilik kendaraan berlari mencegah petugas serta meminta untuk tidak membawa kendaraanya. “Maaf pak. Saya tidak tahu (tidak boleh parkir di sini). Maaf,” seru laki-laki setengah baya yang keluar dari salah satu toko di sana.

Jukir dan pemilik kendaraan dalam operasi ini hanya ditegur dan diminta untuk tidak menggunakan trotoar sebagai tempat parkir.
Kepala Bidang Parkir Dishub Kota Malang, Samsul Arifin menjelaskan, pihaknya tidak bersikap represif dalam operasi ini.
“Sementara ini kita sifatnya menghalau dan memberi teguran saja kepada jukir atau pemilik usaha,” tandasnya.
Disebutkan sementara ini sifatnya masih edukasi. Namun jika masih saja dilakukan, bisa saja akan diberikan sanksi lebih keras misalnya pencabutan izin. Untuk pengendara bisa ditindak seperti penggembosan. Meski diakuinya untuk seperti itu pihaknya belum memiliki payung hukum.

Samsul menjelaskan pula, operasi ini adalah yang pertama memasuki awal Februari.

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

Baca Juga