PAN dan PBB Kabupaten Malang belum Lulus Verifikasi

PAN dan PBB Kabupaten Malang belum Lulus Verifikasi KPU Kabupaten Malang ketika menyerahkan hasil Verifikasi Parpol.(firman)

MALANG-Dua partai politik (Parpol) di Kabupaten Malang belum memenuhi persyaratan verifikasi faktual, yakni PAN dan PBB. Ketua KPU Kabupaten Malang, Santoko mengatakan, dua parpol itu saat belum memenuhi persayaratan jumlah keanggotaan.

“Untuk PAN, baru bisa menghadirkan anggota 36 orang dan PBB 37 orang. Sedangkan syarat minimalnya lima persen dari Sipol atau 50 orang,” ujar Ketua KPU Kabupaten Malang, Santoko, saat penyerahan Berita Acara Pemeriksanaan (BAP) kepada 10  Parpol di Hall Hotel Cakra Turen, Jumat (2/2/2018).

Dijelaskan, tiga persyaratan lainnya seperti kepengurusan, domisili serta keterwakilan perempuan sudah dipenuhi.

Selanjutnya, dua parpol tersebut, diberi waktu

untuk melengkapi persayaratan selama tiga hari yakni 3-5 Februari 2018 mendatang. Hasilnya akan diumumkan pada Selasa (6/2/18).

“Selama tiga hari itu, kami melakukan verfikasi faktual kembali terhadap dua parpol ini,” katanya.
 
Setelah diverifikasi nanti lanjut Santoko, hasilnya akan dikirimkan ke KPU RI, yang memutuskan parpol tersebut lolos atau tidak menjadi peserta Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 mendatang adalah KPU RI.

“Kami sebatas menyerahkan berita acara hasil verifikasi ke KPU pusat. Sedangkan keputusannya ada di sana,” kata dia.

Hingga saat ini ada 10 parpol lama yang dinyatakan lulus verifikasi, di antaranya PDIP, PKB, Demokrat, Hanura, Gerindra, PKS dan PPP, lalu ada PKPI dan NasDem.

Setelah proses perbaikan selesai, kata dia, seluruh parpol harus menunggu pengumuman yang dilakukan oleh KPU Pusat. “Parpol mana saja yang lolos, menunggu pengumuman KPU Pusat. Kami di daerah juga taat terhadap keputusan dari KPU Pusat tersebut dan menjalankan tugas sebagaimana fungsinya,” pungkasnya.(ica/big/dan/han)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

Baca Juga