Sembilan Pengusaha dan Mantan Sekda Kota Malang juga Diperiksa KPK

Sembilan Pengusaha dan Mantan Sekda Kota Malang juga Diperiksa KPK Bukan saja anggota dewan dan pejabat, mantan Sekda Kota Malang termasuk sembilan pengusaha juga diperiksa KPK terkait dugaan korupsi mantan Ketua DPRD Kota Malang M Arif Wicaksono.(dicky)

BATU-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak saja memeriksa pejabat Pemkot dan anggota DPRD Kota Malang terkait dugaa korupsi. Sejumlah pengusaha termasuk termasuk Ir. Cipto Wiyono MSi, mantan Sekda Kota Malang, pun diperiksa, Kamis (8/2/2018).

Setidaknya ada sembilan orang saksi dari pihak swasta yang menjalani pemeriksaan di Mapolres Kota Batu. Mereka adalah Nurhayati, Bambang Suprayitno, Suherno SE, Moch Ali Imron, Sukarno Yudho Arisandi, Anna Yulitasari SSos, Subandi, Ajad Sudrajat ST dan Fitrianingsih.

Mereka selama ini belum pernah diperiksa dan berasal dari PT ENK.
Kepastian itu disampaikan langsung Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK Priharsa

Nugraha saat konfirmasi.
“Bukan,” tegasnya.
Priharsa mengatakan, sembilan saksi itu merupakan pemilik-pemilik usaha alias pengusaha. Namun ia enggan menyebutkan keterkaitan mereka dengan kasus yang sedang disidiknya itu.
Yang pasti katanya, pemeriksaan para saksi itu merupakan pemeriksaan terakhir untuk tersangka M. Arief Wicaksono, mantan Ketua DPRD Kota Malang.

Ini katanya, kasus dugaan suap terkait pembahasan Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (PAPBD) Pemkot Malang tahun anggaran 2015.

 “Hari ini ada tiga saksi yang kita periksa yakni Cipto, Tedy dan Noer Rahman, dari 12 saksi yang kita jadwalkan. Beberapa saksi sudah dimajukan pemeriksaannya pada hari Rabu (8/2),” urai Priharsa.

Sementara itu, Cipto Wiyono, mantan Sekda Kota Malang usai pemeriksaan itu enggan berkomentar.

 “Enggak,” jawabnya singkat sambil berlalu.

Pertanyaan bertubi-tubi awak media pun hanya dijawab “Sudah-sudah, enggak-enggak,” elaknya dan kemudian meninggalkan Mapolres Batu.
 
Selain Cipto, KPK nampak juga memeriksa Tedy Sujadi Soemarna, mantan Kepala Bidang Perumahan dan Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum Kota Malang dan Noer Rahman Wijaya ST MM, Kepala Bidang Stabilitas Harga dan Perlindungan Konsumen DInas Perdagangan Kota Malang yang tahun 2015 menjabat sebagai Kepala Bidang Bina Marga Dinas PU Kota Malang.(dan/ica/ary)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

Baca Juga