Tak Berpartisipasi di SNMPTN, Siswa SMK Pilih Kerja

Tak Berpartisipasi di SNMPTN, Siswa SMK Pilih Kerja ilustrasi anak smk

Kota Malang, Purnomo Adji mengatakan, permasalah yang dialami SMA Swasta di lapangan adalah minimnya sosilisasi bagi operator yang bertugas memasukkan PDSS.

Sehingga membuat beberapa SMA swasta di Kota Malang masih dalam tahap pengerjaan. Dengan permasalahan yang dialami di lapangan, ia mengungkapkan sudah dua kali ini pihaknya mengadakan pertemuan bagi operator PDSS.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim wilayah Kota Malang dan Batu, Drs Adi Prayitno M.M. Menurutnya, banyaknya sekolah Swasta yang tidak berpartisipasi dan belum menyelesaikan PDSS karena sebelumnya banyak dari siswa dari sekolah bersangkutan yang tidak diterima.

Sehingga

membuat sekolah atau siswa mundur sebelum berperang. Namun ditegaskannya, permasalahan tersebut tidak bisa disamaratakan untuk semua sekolah swasta.

"Kita sebelumnya sudah sosialisakan untuk PDSS bagi yang ingin ikut SNMPTN dan mengimbau sekolah melakukan pemetaan pada siswanya. Sehingga ada persiapan matang dari sekolah dan siswa untuk berpartisipasi. Sekolah swasta juga tidak perlu minder atau takut untuk bersaing di SNMPTN," tandasnya. 

Sebelumnya telah disampaikan oleh Wakil Rektor I UB, Prof. Dr. Ir. Kusmartono pada sosialisasi SNMPTN di Gedung Serbaguna Widyaloka UB Kamis (8/2), bahwa ada 98 sekolah swasta yang terdaftar di Malang dan 1.185 SMK/SMA/MA di seluruh Jawa Timur masih belum melakukan pengisian data untuk PDSS yang berakhir hari ini. (eri/oci)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

Baca Juga