Kades Kalisongo Tertangkap Petugas Saber Pungli

  • 2018-02-14 penulis : Agung Priyo
  • Editor :junaedi
  • dibaca :966
Kades Kalisongo Tertangkap Petugas Saber Pungli Kepala Desa Kalisongo, Kecamatan Dau, Siswanto (kemeja putih) digelandang petugas ke Mapolres Malang

MALANG - Kepala Desa (Kades) Kalisongo, Dau, Kabupaten Malang, Siswanto, 48, ditangkap Tim Saber Pungli Polres Malang. Operasi tangkap tangan (OTT) itu sekaligus menambah daftar Kades di wilayah Kabupaten Malang yang terjerat pungutan liar.

Ketua Tim Saber Pungli Kabupaten Malang, Kompol Decky Hermansyah, membenarkan penangkapan ini.

"Benar memang ada OTT terhadap Kepala Desa Kalisongo, Kecamatan Dau," jelasnya saat dikonfirmasi, Rabu (14/2/2018).

Menurutnya, terkait OTT ini, pihaknya masih menyelidiki dan mendalami terlebih dahulu kasusnya. Siswanto, masih menjalani pemeriksaan intensif di ruang Idik IV Tipikor Reskrim Polres Malang.

"Kami masih menunggu sampai 1 x 24 jam dulu. Setelah pemeriksaan nanti akan kami gelar perkara untuk menentukan kasusnya. Sekaligus penetapan tersangkanya," tegas Wakapolres Malang ini.

Informasinya penangkapan Kades Kalisongo ini, dilakukan gabungan Tim Saber Pungli Pusat Jakarta dan Malang. Menyusul laporan masyarakat adanya pungutan liar yang dilakukan Siswanto.

Modusnya melakukan pungutan liar pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Izin Peruntukan Penggunaan Tanah (IPPT).

Saat petugs menyelidiki, Siswanto didapati menerima uang dari warga berinisial DW di Kantor Desa Kalisongo, petugas yang sudah memantaunya langsung menangkapnya.

Siswanto tidak bisa berkelak. Pasalnya, saat penangkapan polisi juga menemukan barang bukti uang Rp 7,5 juta serta sebuah HP. Ia pun digelandang ke Mapolres Malang berikut barang bukti dan saksi perangkat desa.
 
Tertangkapnya Kades Kalisongo ini sekaligus menambah deretan Kades di Kabupaten Malang yang terjaring OTT. Sebelumnya Kades Tegalgondo, Karangploso, Usman Junaidi terkena OTT, Maret 2017.

Setelah itu Kades Druju, Sumbermanjing Wetan, Mujiono, November 2017 lalu  dan Kades Saptorenggo, Pakis, Bambang Roni Hermawan, Desember 2017. (agp/jon)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

Baca Juga