Tol Pandaan-Malang Seksi 1dan 2 Difungsikan September 2018

  • 2018-02-21 penulis : Ira Ravika
  • Editor :junaedi
  • dibaca :581
Tol Pandaan-Malang Seksi 1dan 2 Difungsikan  September 2018 Pjs Wali Kota Malang Wahid Wahyudi dan Agung Purnomo, Wasto saat konferensi pers soal pembangunan tol Malang-Pandaan kemarin.

MALANG – Pjs Wali Kota Malang Wahid Wahyudi memastikan pembangunan tol Pandaan- Malang  (Mapan) akan selesai September 2018. Keyakinan itu disampaikan usai dia menggelar rapat koordinasi dengan PT Jasa Marga Pandaan Malang (JPM), Rabu (21/2/2018).

Dalam rapat koordinasi itu yang dihadiri Wahid, Sekretaris Daerah Kota Malang, Wasto, dan kepala Organisasi Perangkat Daerah, PT JPM memaparkan progres terkait pembangunan tol.

”Alhamdulillah, melihat paparan dari pihak PT Jasamarga (JPM) tadi, progresnya sangat bagus. Sehingga saya yakin, cepat direalisasi, dan September ini sudah selesai dan dioperasionalkan,’’ katanya.

Wahid menyebutkan, Tol Mapan panjangnya 38.48 km.  Dia mengakui

masih ada permasalahan di beberapa titik. Tidak terkecuali di Kota Malang. Di mana masih ada tahap konsinyasi lantaran ada tuntutan dari warga.

”Di Kota Malang, lahan yang digunakan untuk tol Mapan tidak terlalu luas. Hanya 15 hektare. Dari luasan itu yang sudah dibebaskan adalah 13.5 hektare, sisanya belum,’’ ungkapnya.

Yang belum dibebaskan adalah aset milik warga. ”Sekarang tahap konsinyasi. Tadi kami juga meminta pihak PN Kota Malang untuk membantu percepatan penyelesaian. Harapannya Maret sudah selesai, dan langsung dikerjakan kontruksinya,’’ tambahnya.
 
Dia juga menekankan kepada PT JPM untuk tidak menunggu masalah selesai baru kemudian membangun. Tapi meminta perusahaan milik pemerintah ini langsung mengerjakan, terutama pada lahan-lahan yang sudah dibebaskan. Dengan begitu, pembangunan tol inipun sesuai waktu yang direncanakan.

”Umumnya pembangunan kontruksi jalan tol memakan waktu 5 bulan. Tapi saya ingin luar biasa. Saya ingin, sebelum September tol itu telah difungsikan,’’ tambahnya.

Tol Mapan terdiri lima sesi. Sesi pertama Pandaan – Purwodadi, Sesi kedua Purwodadi – Lawang, Sesi ke tiga Lawang Singosari, sesi ke empat Singosari – Pakis dan terakhir Pakis-Kota Malang.

 ”Saat ini pengerjaan di sesi 1 dan 2. Dua sesi ini targetnya selesai sebelum lebaran, sehingga dapat difungsikan saat itu,’’ ungkapnya.

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

Baca Juga