Mensyukuri 11 Tahun Hati Baru

Mensyukuri 11 Tahun Hati Baru dahlan iskan

Lolos dari Lubang Aortic Dissection (13)

Mumpung hari itu ke laboratorium, saya “titip” untuk sekalian ditest kadar tacrolimus saya. Agar seminggu lagi tidak perlu ke laboratorium hanya khusus untuk itu. Itulah test untuk melihat apakah kerjasama antara hati orang yang sudah 11 tahun di dalam tubuh saya itu masih baik.

Hasilnya membuat saya terperangah. Untuk pertama kali dalam 11 tahun hasilnya begini: < 2. Berarti tidak sampai 2.
Padahal bulan-bulan sebelumnya atau tahun-tahun sebelumnya selalu antara 2,3 sampai 3,5. Bahkan tahun-tahun awal setelah transplant hati dulu angka itu sekitar 5.

Pertanda apa itu? Saya tidak tahu. Saat hasil laboratorium itu masuk ke email saya, hari lagi hujan.
Tidak deras tapi cukup membahagiakan. Terutama bagi yang percaya hujan di malam tahun baru Imlek menandakan tahun yang baik.

Bagi saya malam tahun baru Imlek itu seperti mengaduk-aduk rasa. Saya sangat bahagia saat melihat tidak ada indikasi munculnya kanker. Seperti dapat angpao segebok. Tapi langsung kaget manakala melihat hasil tacrolimus yang <2. Menurut standar laboratorium harusnya antara 5 sampai 7.

Di bidang tacrolimus, laboratorium tidak bisa mendeteksi kalau hasilnya kurang dari 2. Jadi dengan <2 saya tidak tahu apakah itu berarti 1,5 atau 1 atau 0,5.

Ini benar-benar mengagetkan. Belum pernah terjadi seperti ini selama 10 tahun saya memiliki hati baru.

Apakah ini pertanda kerjasama antara badan saya dan hati milik pemuda Tianjin itu mulai bermasalah? Akibat aorta dissection dan pengobatannya?

Saya ingin segera menghubungi dokter saya di RS Tianjin, Tiongkok. Saat itu juga. Tapi mustahil. Itu malam tahun baru. Yang di Tiongkok ditandai dengan libur 2 minggu. Yang 450 juta orang berebut mudik.

Saya pun langsung kontak teman baik saya, Robert Lai, di Singapura. Sekalian mengucapkan 新年快乐。 Selamat tahun baru. Robert akan meneruskan fakta baru itu ke RS Tianjin yang dulu

Berita Terkait

Baca Juga