PDIP Resmi Usung Jokowi di Pilres 2019

  • 2018-02-23
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1113
PDIP Resmi Usung  Jokowi di Pilres 2019 Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri resmi mengusung Joko Widodo sebagai calon presiden di Pilpres 2019. (Screenshot Twitter/@PDI_Perjuangan)

JAKARTA-Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri resmi mengusung Joko Widodo sebagai calon presiden di Pilpres 2019. Hal itu diutarakan oleh elite PDIP Pramono Anung di akun twitternya, @pramonoanung, Jumat (23/2/2018) hari ini.

"Dalam Rakernas III hari ini @PDI_Perjuangan memutuskan pencalonan @jokowi menjadi calon Presiden utk tahun 2019-2024. Bismillah Menang dan mendapatkan dukungan seluruh rakyat Indonesia #Bant3ngPilihJokowi #T3tapJokowi," kicau Pramono di akunnya.

Hal senada juga diungkapkan kader PDIP Budiman Sudjatmiko di akun twitternya.

Keputusan PDIP mencalonkan Jokowi ini diumumkan secara resmi dalam rapat kerja nasional ke-III PDIP di Bali. Megawati dalam rapat itu memberikan pidato di hadapan para kader secara tertutup.

Pembahasan materi rapat juga dilakukan tertutup. Namun sejumlah elite PDIP menulis hasil Rakernas PDIP itu di akun media sosialnya, salah satunya soal pencalonan Jokowi sebagai capres.

Namun, PDIP belum menunjuk siapa calon wakil presiden yang akan mendampingi Jokowi. Namun sejumlah nama sudah mengemuka, antara lain Ketua PPP Romarhumuziy, Ketua PKB Muhaimin Iskandar, dan Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan.


Dengan begitu, PDIP tercatat sebagai partai kedelapan yang mendukung Joko Widodo sebagai calon presiden di pemilihan presiden (Pilpres) 2019. Sebelum PDIP telah ada tujuh partai lain yang telah menyatakan dukungannya.


NasDem menjadi partai pertama yang menyatakan dukungannya kepada mantan Wali Kota Solo itu.


Disusul Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Golkar, Partai Persatuan Pembangunan, Hanura, Perindo, dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Dari antara delapan partai yang sudah mendeklarasikan pendukung Jokowi, hanya PKPI yang gagal lolos verifikasi partai politik peserta pemilu 2019. Namun PKPI tengah menggugat KPU atas keputusan tersebut.(cnnindonesia)

 

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

Baca Juga