Sungsang, tapi syukurlah Bayi Kembar Tiga Lahir Sehat

  • 2018-02-26 penulis : Ira Ravika
  • Editor :junaedi
  • dibaca :2874
Sungsang,  tapi syukurlah Bayi Kembar Tiga Lahir Sehat Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Melati Husada Kota Malang

MALANG – Tim dokter Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Melati Husada Kota Malang, berhasil membantu persalinan Siti Mudaliana, 33 tahun, warga Jalan Lesti, Kelurahan Ngaglik KotaBatu yang melahirkan bayi kembar tiga. Ketiganya berjenis kelamin perempuan, melalui proses kelahiran operasi cesar Jumat (23/2/2018) lalu.

Ini kali pertama di tahun 2018, RSIA Melati Husada menangani kelahiran bayi kembar tiga.

”Sebelumnya pernah ada, kalau tidak salah tahun 2016 lalu juga kembar tiga,’’ kata direktur RSIA Melati Husada dr Shinta Dwi Puspitasari SpOg, Senin (26/2/2018).

 
”Proses kelahiran bayi kembar tiga ini dilakukan secara caesar, karena posisi bayi sungsang. Dan dua bayi, posisi tali pusarnya melilit leher,’’ terangnya.

Meski begitu Shinta mengaku tidak mengalami kesulitan dalam membantu proses kelahiran bayi kembar tiga ini. Semuanya berjalanan lancar, ibu dan tiga bayinya dalam kondisi sehat.

Dikatakan, sebelunya, sekitar pukul 05.00, Siti masuk kamar operasi. Tiga dokter dokter spesialis kandungan, anastesi dan spesialis anak menanganinya. Selain itu ada lima asisten yang membantu pekerjaan tiga dokter.

”Selama proses persalinan tak ada hambatan sama sekali. Semuanya berjalan lancar,’’ terangnya.

Tepat pukul 06.26 bayi perempuan pertama lahir. Setelahnya bayi perempuan kedua dan pukul 26.27, dan bayi perempuan ketiga pun lahir.

Shinta mengatakan, bayi pertama lahir dengan berat 2430 gram dengan panjang 45 centimeter, bayi kedua lahir dengan berat 2180 gram, panjang 45 centimeter. Sedangkan bayi ketiga lahir dengan berat 2110 gram dengan panjang 46 gram.

”Mereka lahir di usia 38 minggu kandungan, itu normalnya. Dan semuanya dalam kondisi sehat. Ini luar biasa. Apalagi berat badannya juga besar untuk kembar tiga,’’ katanya.

Dia juga mengatakan, jika orang tua bayi kembar tiga ini tak mengeluarkan biaya sepeserpun. Itu karena ditanggung BPJS.

”Kebetulan orang tuanya peserta BPJS. Sehingga saat melahirkan, seluruh biayanya ditanggung BPJS, termasuk perawatan paska lahiran baik ibu maupun tiga anaknya,’’

Berita Terkait

Baca Juga