Parkir Sembarangan Ditempeli Stiker sebentar Lagi Diderek

Parkir Sembarangan Ditempeli Stiker sebentar Lagi Diderek Salah satu mobil yang kedapatan parkir sembarangan, oleh Dishub Kota Malang ditempeli stiker seperti ini.

MALANG- Jangan parkir mobil sembarangan jika tak ingin malu di depan umum. Kini Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang mulai gencar memasang stiker di mobil yang parkir di tempat sembarangan. Jika mobil terpasang stiker tersebut, maka dengan mudah mengetahui bahwa pengendaranya melanggar aturan parkir.

Siang tadi contohnya, sebuah mobil diparkir di tempat terlarang. Tak menungu lama, petugas langsung dinempel stiker berukuran besar. Stiker itu bertulisan, ‘Peringatan, Anda telah melanggar rambu larangan parkir. Nomor kendaraan Anda sudah kami catat’.

Cara ini memang belum ada tindakan lain. Cenderung sebagai peringatan saja. Sebab Dishub sepertinya sedang seriusi sanksi yang lebih berat. Menderek atau menggembok ban mobil yang parkir sembarang tempat.

“Sementara DPRD Kota Malang masih membahas ranperda inisiatif LLAJ yang salah satunya penderekan dan penggembokan ,” kata Kabid Pengendalian dan Ketertiban (Daltib) Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang G Raymond Matondang.

Ia melanjutkan, jika ranperda tersebut sudah disahkan, maka stiker yang selama ini hanya tertempel , tidak lagi dilakukan. namun langsung tindakan tegas seperti menderek kendaraan.

Raymond mengakui jika peringatan saja maka tak membuat pelanggar rambu jera. Meski begitu, peringatan berupa penempelan stiker setidaknya memberikan pemahaman kepada pengendara jika mereka sudah melanggar dan salah.

“Kita sampai saat ini tetap melakukan ini kepada pengendara yang parkir sembarangan. Khususnya ketika yang saat ditemukan, pengemudinya tidak ada ditempat,” jelas Raymond.

Ia menambahkan saat ditemukan pelanggaran, maka  pengendara yang ada ditempat  langsung diberikan surat peringatan. Atau jika ditemukan saat operasi bersama Polres Makota maka akan dilakukan penilangan. (ica/van)

 

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

Baca Juga