Gus Ipul Disambati Nelayan Perahunya Bocor

Gus Ipul Disambati Nelayan Perahunya Bocor PRODUKSI: Gus Ipul mencoba memasak hasil tangkapan nelayan Kenjeran sebelum dijual. (HARY SANTOSO/MALANGPOST)

SURABAYA – Areal penjemuran ikan dan perahu menjadi kendala warga nelayan di Kawasan Bulak, Surabaya. Akibatnya, sering hasil tangkapan kembali dibuang ke laut karena sempitnya lahan penjemuran.

‘’Sayang, saat udang rebon melimpah kami ini tidak memiliki lokasi menjemur. Akhirnya udang busuk dan kami buang lagi ke laut,’’ papar Abdul Rohim, saat dialog dengan Cagub Jatim Saifullah Yusuf, Rabu siang.

Sejak pukul 11.00, Gus Ipul sudah hadir di kawasan Kenjeran, Bulak, Surabaya. Kehadiran Wagub Jatim 2 periode ini, tidak lain untuk menyerap aspirasi  warga pinggir laut Kenjeran. Diharapkan dari pertemuan ini nantinya kebijakan

Gus Ipul bisa pro warga nelayan di sini.

Rohim, yang juga Ketua Paguyuban Udang Rebon Sukolilo, lantas memaparkan handicap yang dialami anggotanya. Menurut dia, udang rebon adalah tangkapan unggulan warga Kenjeran.

Tetapi, lanjut dia, ketika tangkapan udang rebon melimpah nelayan kesulitan untuk menjemurnya. Sebab, luas lahan untuk menjemur udang rebon tidak sebanding dengan melimpahnya udang rebon didapat.

‘’Padahal Udang rebon itu tulang punggung nelayan di sini,’’ keluhnya dengan menyebut di kampung ini ada 154 nelayan.

Di sisi lai, Rohim juga wadhul soal kondisi kapal (perahu) mereka. Selain umurnya sudah tua, kebanyakan perahu yang mereka pakai melaut banyak yang bocor-bocor.

‘’Kalau bisa, kami diberi bantuan pengadaan perahu yang lebih bagus,’’ ujar Rohim dibenarkan Hanafi, Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia Kecamatan Bulak.

Mendengar keluhan ini, Gus Ipul menyebutkan, satu strategi yang akan digunakan untuk meningkatkan taraf hidup nelayan. Yakni meningkatkan nilai tambah hasil produksi. Nelayan tidak seharusnya menjual hasil mentah, namun telah menjadikannya dalam bentuk olahan.

‘’Kami harus bekerja keras untuk memberikan nilai tambah hasil para nelayan. Caranya, bapaknya yang nangkap, ibunya memproses ke produk lain,’’ kata Gus Ipul dengan menyebut nelayan diarahkan menjadi wirausahawan. (has)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

Baca Juga