Taktis dan Cerdik Arema Bungkam Persebaya 2-0, Raih Tiket Final

  • 2018-03-02
  • Editor :junaedi
  • dibaca :815
Taktis dan Cerdik Arema Bungkam Persebaya 2-0, Raih Tiket Final Selebrasi Singo Edan setelah mencetak gol kemenangan di ajang Piala Gubernur Kalim II, Jumat (2//3/2018).

SAMARINDA-Arema FC patahkan ambisi Persebaya 'mengusai' sepak bola Jawa Timur. Superior di phase penyisihan, tim Bajo Ijo keok 2-0 atas Singo Edan di babak semi final Piala Gubernur Kaltim,  Stadion Palaran, Samarinda, Jumat (2/3/2018).

Hasil ini bukan saja Arema meraih tiket final ajang pramusim ini, tetapi sekaligus membuktikan Arema masih menjadi tim terbaik di provinsi Jawa Timur. Sebelumnya, derby Jatim ini sempat menjadi gensi tersendiri. Terlebih Arema dan Persebaya sudah cukup lama tidak pernah bertemu di ajang Liga.

Di phase sebelumnya, Persebaya tidak pernah kalah. Tiga kali laga di grup B, ajang

ini, mengalahkan Madura United, Persiba dan Sriwijaya.

Arema justru terseok-seok di babak penyisihan. Berada di grup A, Arema sempat kalah atas PSIS dan Borneo FC. Nasib Arema masuk semi final baru ditentukan setelah menang atas Mitra Kukar.
 
Di laga ini Arema justru bermain taktis dan cerdik. Sempat meladeni permainan cepat di awal laga, kemudian cenderung meredam dengan bermain sabar untuk mendapat kesempatan.

Dua gol anak asuhan Joko Susilo diciptakan Thiago Furtuoso dan Hanif Sjahbandi. Gol Furtuoso terjadi di menit ke-66. Menyusul blunder lini belakang tim Bajul Ijo yang salah umpan. Thiago berhasil merebut bola dan melewati Otavio Dutra hingga langsung berhadapan dengan penjaga gawang pengganti Persebaya, Antinios Kelvan.

Thiago dengan tenang menceploskan bola ke gawang Persebaya, menyisir tanah, 1-0 untuk Arema.


Perebaya sebenarnya cukup impresif dan bahkan sempat mengepung pertahanan Arema. Namun disiplin pemain Arema menjaga pertahanan dan gemilangnya penjaga gawang muda Arema, Dimas Galih, membuat anak asuhan Angel Alfredo Vera, gagal mencari kemenangan.


Alih-alih mencari gol penyeimbang,  Persebaya justru kebobolan lagi lewat gol kali kedua lewat tandukan Hanif Sjahbandi, menit 66. Penjaga gawang Persebaya kembali harus memungut bola dari jaring gawangnya. Gol ini berawal dari serangan balik cepat dari pemain pengganti Rivaldi Bawuo yang kemudian mengumpan ke mulut gawang dan diselesaikan Hanif dengan gol cantik.

Kedudukan 2-0 untuk Arema itu sekaligus menjadi pengunci hasil laga. Persebaya yang superior di phase penyisihan, harus puas pulang tanpa membawa hasil.

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

Baca Juga