Lahan Eks TPA Lowokdoro Dijadikan Hutan Kota, Pemulung Keberatan

  • 2018-03-13 penulis : Ira Ravika
  • Editor :junaedi
  • dibaca :788
Lahan Eks TPA Lowokdoro Dijadikan Hutan Kota, Pemulung Keberatan Lahan eks TPA Lowokdoro akan dijadikan hutan kota untuk menambah taman hutan kota.

MALANG – Dinas Lingkungan Hidup  (DLH) Kota Malang menetapkan lahan eks TPA Lowokdoro sebagi hutan kota. Dalam waktu dekat di arean itu segera ditanami berbagai pohon-pohon langka.

”Beberapa waktu lalu kami melakukan kunjungan kerja di Kota Bogor. Di sana ada eks TPA yang dijadikan hutan kota. Kami  adopsi itu dengan menjadikan lahan eks TPA di Lowokdoro menjadi hutan kota,’’ kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup  (DLH) Kota Malang Agoes Edy S, Selasa (13/3/2018).

Dia berharap, dengan begitu, kawasan di perbatasan dengan wilayah Kabupaten Malang itu menjadi area resapan air. Karena di wilayah tersebut, kerap kali terjadi genangan air saat hujan deras mengguyur.

”Semoga dengan dijadikannya lahan itu sebagai hutan kota, menjadi solusi untuk mengatasi genangan air di sekitarnya.,’’ jelas  Agus.

Namun, rencana pemerintah kota ini menuai reaksi para pemulung di lokasi itu. Mereka mengaku menyesalkan niat tersebut.  Alasannya, alih fungsi lahan itu akan membuat mereka kehilangan pekerjaan.

Seladi salah satu pemulung mengatakan, sekalipun TPA Lowokwdoro ditutup, aktifitas pembuangan sampah masih ada. Sampah yang dibuang di situ sampah rumah tangga, warga sekitar.

”Warga di sekitar sini masih membuang sampah di sini. Karena tidak ada lagi tempat pembuangan sampah lagi. Kalaupun ada jaraknya cukup jauh, yaitu di kawasan Pasar Gadang,’’ katanya.

Dia  menyebutkan, setiap hari masih ada 50-60 gerobak sampah yang dibuang eks TPA Lowokdoro. (ira/aim)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

Baca Juga