Kata Panglima TNI, Tak Masalah Abd Saleh Jadi Bandara Internasional

Kata Panglima TNI, Tak Masalah Abd Saleh Jadi Bandara Internasional Bandara Abd Saleh Malang segera berubah menjadi bandara Internasional.

MALANG – Status Bandara Abd Saleh dipastikan naik menjadi bandara internasional. Kepastian ini disampaikan langsung oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat menerima kunjungan Bupati Malang, Rendra Kresna bersama beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Malang, di Jakarta, Selasa (13/3/2018).

Kunjungan Rendra bersama beberapa Kepala OPD itu  memang membahas peningkatan status Bandara Abd Saleh. Iini guna mendukung dua program nasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singosari dan sekaligus Badan Otorita Pariwisata (BOP) Bromo, Tengger dan Semeru.

Selain bertemu Panglima TNI, rombongan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang ini juga menemui Menteri Pariwisata (Menpar) Arif Yahya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Malang, Tomie Herawanto yang turut dalam rombongan itu menyebut, Panglima dan Menpar mendukuh kenaikan status bandara dari domestik ke internasional ini.

“Bahkan Panglima TNI menginstruksikan jajarannya untuk segera merealisasikan hal itu. Beliau menargetkan segara urusan administrasi untuk kenaikan status bandara, selesai tahun ini,” ujar Tomie.

“Panglima TNI juga mengatakan menaikan status bandara tersebut sangat mudah. Karena sudah ada alat kelengkapannya dan langsung di bawah naungan TNI AU melalui Lanud Abd Saleh,” paparnya.

Bahkan kata Tomie, pertengahan tahun ini sudah dibangun perpanjangan landasan pacu guna mendukung peningkatan status itu.
Perpanjangan landasan pacu itu, kata dia, dilakukan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Timur.

“Selain melakukan perpanjangan runway, Dishub juga akan melakukan pelebaran runway supaya bisa didarati pesawat berukuran besar. Saat ini rencana peembangunan tersebut sudah memasuki tahap lelang,” paparnya.

Masih kata Tomie, Panglima TNI juga memastikan bahwasanya Bandara Abd Saleh aman dilakukan aktivitas penerbangan meski dikelilingi gunung.

“Bila mana selama ini rute penerbangan dilakukan melalui arah utara, kata

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

Baca Juga