Taksi Terbang 'Cora' Dipastikan Segera Mengudara

Taksi Terbang 'Cora' Dipastikan Segera Mengudara Cora, pesawat tanpa pilot buatan Kitty Hawk yang siap mengudara.

JAKARTA - Pesawat tanpa pilot buatan Kitty Hawk sepertinya bakal segera bisa mengudara setelah mereka mendapat sertifikasi resmi di Selandia Baru.

Hal ini bisa dipastikan setelah Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengumumkan perjanjian dengan perusahaan tersebut untuk melakukan uji kelayakan resmi, yang nantinya (jika lolos) akan menghasilkan sertifikasi bagi Kitty Hawk.

Sekadar informasi, Kitty Hawk adalah perusahaan yang dibiayai oleh salah satu pendiri Google Larry Page. Tak cuma membuat pesawat tanpa pilot alias otonom, Kitty Hawk belakangan juga membuat aplikasi semacam Uber agar konsumennya bisa memesan pesawat tersebut sebagai taksi udara.

Perdana

Menteri Ardern punya agenda tersendiri ketika membuka jalan bagi Kitty Hawk di negaranya itu. Ia ingin mewujudkan program Selandia Baru bebas karbon pada 2050 mendatang.

"Kami punya target ambisius di Selandia Baru yaitu bebas karbon pada 2050. Proyek menarik seperti ini adalah bagian dari cara kami untuk mewujudkan hal tersebut," tulis Ardern dalam emailnya, seperti dikutip dari New York Times, Rabu (14/3/2018). 

Pesawat Kitty Hawk yang disiapkan bernama Cora, punya bentang sayap sepanjang 36 kaki dan ditenagai oleh belasan baling-baling bertenaga baterai. Cora lepas landas layaknya helikopter, namun terbang layaknya pesawat sayap tetap.

Pesawat elektrik ini bisa terbang dengan kecepatan maksimal 110 mph, dan jarak tembuh 62 mil. Ia pun bisa membawa dua penumpang di dalam bodi mungilnya itu. Kitty Hawk menyebut sudah mengirimkan taksi udara pertama ke Selandia Baru pada Oktober 2017 lalu, dan memulai pengujiannya tak lama setelah itu.

Selandia Baru dipilih oleh Kitty Hawk untuk Cora karena negara itu mempunyai perekonomian yang dinamis, dan badan regulasi penerbangan yang dihormati oleh komunitas regulasi penerbangan di seluruh dunia. (dtc/lim)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

Baca Juga